Kolaborasi dengan Ortu Adakan Market Day

312
BELAJAR WIRAUSAHA : Siswa SMP IT PAPB bersama orang tuanya membuka stan di kegiatan market day yang digelar SMP IT PAPB. Kegiatan tersebut selain untuk memeriahkan Hardiknas, juga melatih siswa berwirausaha. (IST)
BELAJAR WIRAUSAHA : Siswa SMP IT PAPB bersama orang tuanya membuka stan di kegiatan market day yang digelar SMP IT PAPB. Kegiatan tersebut selain untuk memeriahkan Hardiknas, juga melatih siswa berwirausaha. (IST)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018, SMP IT PAPB menggelar kegiatan unik dan kreatif. Seperti mengenakan pakaian adat saat upacara, serta menggelar market day. Uniknya, kegiatan yang berlangsung di halaman sekolah, Selasa (2/5) lalu, itu juga melibatkan orang tua (ortu) murid.

“Bila sebelumnya memperingati Hardiknas petugas upacara dari dewan guru, namun kali ini juga mengundang orang tua murid sebagai bantuk partisipasi dalam kegiatan, sebagai implementasi sekolah sahabat keluarga,” terang Kepala SMP IT PAPB, Ramelan.

Setelah upacara Hardiknas juga dibuka market day, terdiri dari sepuluh stan, mulai dari kelas 7, 8, dan juga guru. Mereka menjual hasil kreasi dari bahan daur ulang, mulai dari gantungan kunci, bros dari kain flanel, tempat cermin dari batok kelapa, tempat pensil dari sisa tempat minum, serta tempat jarum pentul hasil kain limbah.

“Aneka hasil kreasi ini memang sudah dipersiapkan sebelum Hardiknas. Dan saat market day hasil kreasi tersebut dipajang untuk dijual dengan harga mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 15.000. Harga cukup murah disesuaikan dengan kantong anak-anak,” pungkasnya.

Salah satu guru, Ma’rifah mengatakan, adanya kegiatan market day sangat positik sekali. “Di market day ini anak-anak dididik berwirausaha bersama orang tua dalam satu stan. Selain hasil kreasi yang dijual, juga aneka makanan dan minuman hasil olahan orang tua siswa. Untuk modalnya dari kas kelas yang keuntungannya juga akan kembali ke kas kelas juga,” imbuhnya.

Hal senada, juga disampaikan salah satu orang tua siswa 7A, Musyarofah. Ia senang ikut jualan duet dengan anak di market day ini, dan berharap setiap tahun hal serupa bisa diagendakan. (*/zal)