JADI TONTONAN:  Mobil Peugeot AB 1145 PQ yang terbakar pada Jumat (4/5) siang di Jalan Veteran saat petugas Damkar belum tiba di lokasi kejadian. (PUNDHI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
JADI TONTONAN:  Mobil Peugeot AB 1145 PQ yang terbakar pada Jumat (4/5) siang di Jalan Veteran saat petugas Damkar belum tiba di lokasi kejadian. (PUNDHI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG—Kebakaran mobil terjadi pada Jumat (4/5) siang, pukul 10.45, di dekat Mapolda Jateng, tepatnya di Jalan Veteran, depan kantor Tower Bersama.  Mobil Peugeot warna biru nopol AB 1145 PQ milik Deby Septyo, warga Jalan Patriot IV, Semarang,  terbakar pada  bagian mesin. Dalam sekejap, api melumat seluruh bodi mobil. Dugaan sementara, mobil mengalami overheat pada bagian mesin.

Beruntung, sang pemilik, Deby, sigap. Tahu asap mengepul dari kap mesin, ia langsung menepikan mobilnya. Tak lama kemudian, api memercik dan melumat mesin. Warga yang berkantor di sekitar Jalan veteran pun mendadak geger. Mereka berbondong-bondong keluar kantor dan mendekat ke arah lokasi kebakaran. Pengendara motor yang melintas di jalan searah itu pun menepi, sekadar untuk memfoto mobil yang terbakar.

Lalu lintas tersendat. Kendaraan dari arah Jalan Pahlawan yang hendak berbelok ke kiri ke Jalan veteran, tertahan. Pun, kendaraan dari arah Siranda. Juga kendaraan dari arah Jalan Sriwijaya yang hendak lurus ke Jalan Veteran, terpaksa belok kanan masuk ke Jalan Pahlawan dan belok kiri ke arah Siranda.

Dekatnya lokasi kebakaran dengan Mapolda, membuat petugas sigap. Dalam waktu singkat, arus lalu lintas terkendali. Jalan Veteran dikosongkan oleh petugas Satlantas untuk memberi ruang pada mobil Damkar Pemkot Semarang agar mudah meluncur ke lokasi kebakaran. Mobil Damkar yang datang dari arah berlawanan pun mudah mendekati mobil yang terbakar. Dalam waktu 5 menit, api berhasil dipadamkan. “tadinya saya mengira ada kabel terbakar di dalam kantor. Tahunya, ada mobil di depan kantor yang terbakar. Asapnya sampai masuk kantor,” kata Ida Nur Afia, karyawati Jawa Pos Radar Semarang, yang penasaran dengan kerumunan orang di depan kantor, melihat mobil yang terbakar.

Pemilik mobil, Deby tampak pasrah melihat mobil biru metaliknya terlumat si jago merah. Pemuda berkaos putih ketat yang mengaku baru saja membezuk orang sakit di RS Elizabeth, diam saja saat dikorek keterangannya. “Mungkin dia shock, jadi nggak tahu harus menjawab apa,” kata Pundhi, juga karyawan Jawa Pos Radar Semarang yang ikut mengabadikan momen kebakaran dengan smartphone-nya.    Pukul 11.30 api benar-benar bisa dipadamkam, Jalan Veteran pun sudah bisa dilalui kendaraan. (isk)