Lakukan Sinergi, Bank Jateng Gandeng BRI

Penguatan Sistem dan Literasi Perbankan

348
KERJASAMA : Dirut Bank Jateng Supriyatno dengan Dirut BRI, Suprajarto, dalam penandatanganan Nota Kesepahaman Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan di Bank Jateng Pemuda, Rabu (2/5). (AFIATI TSALITSATI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KERJASAMA : Dirut Bank Jateng Supriyatno dengan Dirut BRI, Suprajarto, dalam penandatanganan Nota Kesepahaman Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan di Bank Jateng Pemuda, Rabu (2/5). (AFIATI TSALITSATI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (BPD Jateng) berupaya melakukan sinergi dalam meningkatkan intermediasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia. Karena itulah, Bank Jateng menggandeng BRI dalam Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan.

Sinergi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan antara Bank Jateng dan BRI yang dilaksanakan di Kantor BPD Jateng, Semarang, Rabu (2/5). Yakni, antara Direktur Utama (Dirut) Bank Jateng Supriyatno dan Dirut BRI, Suprajarto yang disaksikan oleh jajaran manajemen kedua belah pihak. Kesepakatan bisnis ini nanntinya dapat meningkatkan daya saing Bank Jateng, sehingga mampu menjadi lokomotif pembangunan di tingkat regional Jateng.

Dirut Bank Jateng, Supriyatno menyatakan bahwa kerjasama ini akan diperluas hingga terbentuk sinergi penguatan sistem perbankan untuk mengantisipasi persaingan global, penguatan literasi perbankan dengan memperkaya jasa layanan perbankan dan layanan lainnya.

“Kerjasama ini akan meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat di Jawa Tengah. BRI akan menyediakan layanan yang menyeluruh dan terintegrasi dengan Bank Jateng, sehingga meningkatkan potensi bisnis,” terang Supriyatno.

Sementara itu, ada beberapa bidang yang dikerjasamakan antara Bank Jateng dan BRI. Di antaranya Bidang Keuangan dan Permodalan : subdebt (instrumen obligasi subordinasi), term loan facility (fasilitas pinjaman jangka pendek), dan trade finance & international banking services. Bidang Transaction Banking : E-Channel Transaction, Co-Branding, kartu uang elektronik Brizzi, BRI Corporate Card, BRI Cash Management System (CMS).

Sedangkan bidang teknologi dan kredit, meliputi kerjasama Bidang Teknologi dan Informasi: pemanfaatan teknologi informasi, jaringan layanan ATM, layanan transaksi secara host to host, Bidang Kredit Konsumer, kredit ritel dan menengah, kredit korporasi (loan syndication/ participation), Social Enterpreneurship (Kartu Tani, BUMDES, dan Korporatisasi Pertanian), dan UUS (BRIS).

Tak hanya itu, Bank BRI juga memberikan kesempatan Bank Jateng untuk melakukan pertukaran sumber daya manusia (SDM) masing-masing pihak melalui Bidang Capacity Building berupa pemagangan pegawai, seminar, dan pendidikan/ training di BRI Coporate University.

“Tidak hanya kerjasama bisnis, Bank BRI juga telah menyiapkan kerjasama dalam bidang ke-SDM-an, dalam rangka meningkatkan skill dan kapasitas masing-masing SDM di industri perbankan Indonesia,” kata Dirut BRI, Suprajarto. (tsa/ida)