Dongkrak Partisipasi dengan Gowes

422
KREATIF : PPK dan Panwascam Mertoyudan Kabupaten Magelang gowes melewati jalan-jalan kampung untuk mendongkrak suara pemilih dalam pilbup dan pilgub Juni mendatang. (Ahsan fauzi/radar kedu)
KREATIF : PPK dan Panwascam Mertoyudan Kabupaten Magelang gowes melewati jalan-jalan kampung untuk mendongkrak suara pemilih dalam pilbup dan pilgub Juni mendatang. (Ahsan fauzi/radar kedu)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mertoyudan dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Mertoyudan punya cara tersendiri untuk mendongkrak partisipasi pemilih.

PPK dan Panwascam Mertoyudan menggelar acara gowes sepeda tua dan tubing di wisata tubing Gending Indah Bela Negara di Dusun Gadungan Desa Pasuruhan, Mertoyudan Selasa (1/5).

Kegiatan tersebut juga untuk menciptakan pilkada damai dalam pemilihan Gubernur-Wakil Gubenur Jawa Tengah dan pemilihan Bupati-Wakil Bupati Magelang 2018.

Ketua PPK Mertoyudan Agus Wijaya menuturkan, dalam gowes sepeda tua ini, para peserta menyusuri jalan-jalan perkampungan dan jalan akses antardesa. Jaraknya sekitar 2,5 kilometer menuju wisata wisata tubing Gending Indah Bela Negara. Di sepanjang jalan, panitia menggunakan alat pengeras woro-woro (ajakan) kepada masyarakat yang dilintasi untuk menggunakan hak pilihnya dalam pilgub dan pilbup.

“Dengan cara ini, masyarakat tahu bahwa tanggal 27 Juni 2017 adalah pelaksanaan pilgub dan pilbup. Kemudian, mereka bisa mengggunakan hak pilihnya, sehingga partisipasi pemilih di wilayah Mertoyudan meningkat,” ucap Agus di sela acara yang menggandeng warga Dusun Pandeyan Desa Deyangan, panitia PPS dan Panwasdes se-Mertoyudan serta pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Mertoyudan itu.

Panitia berharap, acara ini sekaligus ajang promosi wisata tubing Gending Indah Bela Negara di Dusun Gadungan Desa Pasuruhan.

Agus menambahkan, dalam kesempatan ini, tim sukses tingkat kecamatan dari kedua pasangan calon Pilbup Magelang 2018, baik nomor urut satu Zaenal Arifin-Edi Cahyana (Padi) dan pasangan nomor urut dua, HM Zaenal Arifin-Rohadi Pratoto (Zaroh) dihadirkan untuk ikrar pilkada damai.

Sementara itu, Ketua Panwaskab Magelang Habib Saleh menuturkan, pihaknya kini giat dalam upaya pencegahan pelanggaran pilkada, mengingat kedua paslon ini sama-sama incumbent. Timses dari kedua paslon ini dulunya juga orang-orang dekat (pernah bersama dalam satu tim). Selain itu ASN di Magelang sudah mulai terbelah, tentu potensi pelanggaran tinggi. (san/lis)