Penjual Miras Oplosan Terancam Sanksi Pidana

179
RAZIA MIRAS: Aparat Polsek Pedurungan saat razia miras oplosan di Dempel Lor. (M HARIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
RAZIA MIRAS: Aparat Polsek Pedurungan saat razia miras oplosan di Dempel Lor. (M HARIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Genderang perang terhadap peredaran minuman keras (miras) oplosan terus ditabuh jajaran Polrestabes Semarang. Yang terbaru, ratusan botol miras oplosan berhasil diamankan oleh aparat Polsek Pedurungan. Minuman haram itu disita dalam razia yang digelar di kawasan Dempel Lor, Muktiharjo,  Pedurungan. Selain menyita barang bukti, para penjualnya juga turut dibawa ke Mapolsek Pedurungan untuk diberikan pembinaan.

“Kalau penjualnya ada dua. Mereka kita kenakan sanksi Tindak Pidana Ringan (Tipiring). Mereka juga kita berikan pengarahan supaya tidak menjual lagi. Kalau masih mengulangi dan terbukti, ya kita pidanakan,” tegas Kapolsek Pedurungan, Kompol Mulyadi, Senin (30/4).

Mulyadi menegaskan, razia dilakukan untuk meminimalisasi adanya korban meninggal dunia akibat mengonsumsi miras oplosan. Menurutnya, kasus ini sudah sering terjadi di beberapa daerah hingga merenggut korban jiwa lebih dari seorang.

“Kita antisipasi sebelum menimbulkan korban jiwa. Kita akan terus lakukan razia di wilayah hukum Polsek Pedurungan, anggota kita akan terus melakukan pemantauan di lapangan,” katanya.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mendukung Operasi Mantap Praja, terlebih mendekati bulan Ramadan dan pelaksanaan Pilgub Jateng. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, diharapkan suasana tetap kondusif dan mayarakat Kota Semarang merasa aman dan nyaman. “Imbauan kami, masyarakat untuk tidak mengonsumsi atau membeli miras. Begitu juga penjualnya untuk tidak menjual lagi,” harapnya. (mha/aro)