Stikes Karya Husada Ajak Bumil Senam

553
SENAM HAMIL : Mahasiswa Stikes Karya Husada Semarang dari Kelompok RW 1 Kelurahan Cepoko, mengajarkan senam hamil di Kelurahan Cepoko. (IST)
SENAM HAMIL : Mahasiswa Stikes Karya Husada Semarang dari Kelompok RW 1 Kelurahan Cepoko, mengajarkan senam hamil di Kelurahan Cepoko. (IST)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Karya Husada Semarang, mengajak ibu hamil di Kelurahan Cepoko, Kecamatan Gunungpati, untuk melakukan senam khusus ibu hamil. Belasan ibu hamil tampak antusias mengikuti senam yang bertujuan memperlancar proses persalinan.

Sekretaris Kelompok RW 1 Kelurahan Cepoko Fitria Setyaningrum mengatakan, kegiatan tersebut adalah program kerja lapangan yang dilakukan mahasiswa program studi profesi Ners angkatan 15 Stikes Karya Husada. Sebelumnya, para mahasiswa memberikan pembekalan materi terkait persiapan kehamilan bagi warga setempat. “Banyak warga yang masih awam tentang persiapan menuju persalinan, bukan hanya uang saja yang dipersiapkan, kondisi psikologis dari ibu hamil pun harus dipersiapkan,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dalam acara tersebut, pihaknya juga menggandeng puskesmas, bidan desa dan Forum Kesehatan Kelurahan. Pembekalan yang diberikan adalah pengetahuan tentang nutrisi bagi ibu hamil, kecenderungan takut melahirkan secara normal dan masih banyak lagi. “Sisi psikologis memang dan persiapan matang harus dilakukan, saat ini banyak yang menganggap hamil, ya hamil dan melahirkan tanpa ada persiapan yang matang,” ucapnya.

Bagi ibu hamil dengan usia kandungan semakin tua, biasanya akan ada efek nyeri punggung, susah tidur dan gejala lainnya bisa diantisipasi dengan senam hamil. Manfaat lainnya adalah memperkuat jantung dan paru untuk membuat proses kehamilan lebih lancar. “Karena kurang tidur dan nyeri punggung bisa membuat ibu hamil jadi stres, selain itu juga menyebabkan tekanan darah naik sehingga membahayakan saat persalinan,” jelasnya.

Karena tekanan darah tinggi, lanjut dia, ibu hamil tua akan sering gusar dan takut melahirkan sehingga berdampak pada psikologis ibu hamil. Senam hamil sendiri, menjadi langkah yang tepat untuk mengurangi ri siko tersebut. “Secara psikologis, senam hamil membuat ibu hamil berpikir lebih positif karena merasa lebih siap menghadapi persalinan,” jelasnya. (den/sct/ton)