Keyless Lebih Aman

897
KEYLESS ENTRY : menggunakan keyless dianggap lebih aman menghindari aksi pencurian. (NURCHAMIM/RADAR SEMARANG)
KEYLESS ENTRY : menggunakan keyless dianggap lebih aman menghindari aksi pencurian. (NURCHAMIM/RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM – MARAKNYA pencurian mobil atau barang berharga di dalamnya, membuat kita harus waspada. Tidak memarkir mobil di sembarang tempat, bisa meminimalisir dari aksi pencurian. Selain itu menggunakan pengamanan ganda menjadi wajib dilakukan, agar mobil kesayangan kita tidak dicuri orang.

Praktisi otomotif Semarang, Untung Hartono mengatakan, pemilik mobil harus berhati-hati ketika memarkir mobil. Apalagi saat ini banyak kasus pencurian dengan menggunakan banyak modus, sehingga sistem pengamanan berlapis pada mobil menjadi hal yang lumrah.

“Minimal tentu ada alarmnya, bisa juga menambah GPS agar ketika dipinjam atau diparkir kita bisa mengecek keberadaannya melalui smartphone,” katanya kemarin.

Pria yang juga pemilik Rumah Modifikasi Garuda Jaya Semarang ini menuturkan, sistem pengamanan yang sederhana adalah menggunakan anti starter yang dimodifikasi seperti saklar. Selain itu juga masih bisa menggunakan cara lama, yakni gembok stir. “Namun sekarang yang lebih tren adalah keyless entry sistem, ada dari bawaan mobil ada juga yang dijual di pasaran,” ucapnya.

Sistem keyless ini sendiri bisa dibilang aman bagi keselamatan mobil kesayangan. Apalagi keyless juga bisa diaplikasikan ke berbagai tipe dan jenis mobil. Uniknya lagi tidak repot membawa kunci dan membuat keamanan mobil lebih terjaga. “Dari segi harga sangat bervariatif, mulai dari Rp 1 jutaan sampai Rp 3 jutaan,” bebernya.

Dibandingkan sistem pengamanan alarm, kata Untung, keyless entry sistem dianggap minim masalah. Apalagi dibandingkan modifikator memasang alarm sendiri yang banyak ditawarkan dipasaran yang sering error ketika digunakan.

“Alarm murahan kadang modulnya nggak pas, menyebabkan mobil nggak mau ngunci ataupun susah untuk membuka. Bahkan ketika terkena getaran atau suara, tiba-tiba alarm bunyi. Nah ini harus diwaspadai,” jelasnya.

Ia menjelaskan, mobil-mobil yang rawan pencurian adalah mobil yang banyak ditemukan di jalan dan banyak diminati. Dari segi harga, mobil tersebut adalah mobil low entry, sehingga pemilik harus menambah sistem keamanan agar mobil kesayangan tidak menjadi sasaran maling.

“Tipsnya sih selalu parkir di parkir resmi, selain itu juga menggunakan kunci ganda, dan jangan memasang alarm asal-asalan agar mobil kita lebih aman,” tandasnya. (den/zal)