Tanya dr Andi:

Dok, suami saya sudah 1 tahun ini tidak pernah menyentuh saya dan tidak pernah mengajak bermesraan. Saya sudah beberapa kali memberikan sinyal isyarat, tapi tidak diperhatikan. Kami sudah 5 tahun menikah, sebelumnya pun jarang berhubungan. Usia suami 38 tahun, saya 33 tahun. Selama menikah, saya tidak pernah mengalami yang namanya puas. Bagaimana solusi untuk kami dok? Terimakasih dr Andi.

Jawab dr Andi:

Biasanya pada usia yang relatif muda, sering punya hasrat dan sering melakukan hubungan suami istri. Gairah seksual yang menurun bisa disebabkan karena faktor psikologis, misalnya ada tekanan dan target pada pekerjaan, relasi dengan pasangan yang kurang harmonis, dan sering bertengkar. Faktor penyakit kronik, misalnya diabetes melitus, hipertensi, kolesterol tinggi, asam urat, dan kurang kebugaran. Faktor ekonomi, misalnya penghasilan yang kurang mencukupi, tidak seimbang antara penghasilan istri dan suami, besar pasak daripada tiang, ada kebutuhan yang mendesak. Masih banyak faktor lain, yang sedikit demi sedikit menumpuk sehingga seperti benang ruwet.

Untuk menggairahkan lagi hubungan suami istri, perlu waktu dan konsisten. Tiap minggunya harus diadakan waktu untuk berduaan. Mulai dengan 15 menit saja dulu sebelum tidur. Tentunya nanti ditambah waktunya sampai cukup untuk merasakan kemesraan. Anggap saja anda menambah investasi untuk harmonisnya suami istri.

Bagi yang kurang bugar, perlu dinilai kebugaran fisiknya. Paling tidak, kuat berjalan naik turun tangga 2 tingkat tanpa kelelahan yang berarti. Itu baru standar minimal. Usahakan kuat jalan atau jogging, tiap hari ditambah waktu atau jarak jalan tersebut. Olah raga dengan beban berat badan sendiri juga perlu, misalnya push up, sit up, squat dll. Ini menambah kekuatan otot tungkai dan panggul. Jadi lebih meningkatkan aliran darah ke organ intim.

Makanan yang perlu diperbanyak adalah protein dari ikan laut, ikan air tawar, atau daging serta telur. Ini untuk membangun sel, sehingga ada perbaikan dan regenerasi sel di seluruh pembuluh darah dan tubuh. (www.dokterAndi.com)