GO DIGITAL : Pakar digital marketing Arief Budi Muttaqien mengajarkan kepada perwakilan AHASS saat workshop AHASS Go Digital. (IST)
GO DIGITAL : Pakar digital marketing Arief Budi Muttaqien mengajarkan kepada perwakilan AHASS saat workshop AHASS Go Digital. (IST)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG –  Era digitalisasi saat ini coba dimanfaatkan oleh Main Dealer Astra Motor Jateng. Salah satunya dengan mengundang 15 pemilik bengkel resmi sepeda motor Honda, Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dalam workshop yang bertajuk ‘AHASS Go Digital’ di kantor Main Dealer Astra Motor Jawa Tengah, Semarang.

Workshop diisi oleh seorang pakar digital marketing, Arief Budi Muttaqien yang mengajarkan tentang strategi sebuah bisnis untuk tidak hanya eksis di dunia offline namun juga harus eksis di dunia online (digital). Region Head Astra Motor Jateng Yohanes Kurniawan mengatakan, saat ini kita sedang menghadapi era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity). Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membangun eksistensi sebuah bisnis di dunia digital dapat menggunakan fitur dari Google yaitu Google My Business atau Google Bisnisku.

“Kondisi VUCA ini hadir akibat kemajuan perkembangan teknologi yang bergerak pesat. Yang mana menjadi tantangan kita sebagai pelaku bisnis untuk tetap bertahan di pada kondisi ini,” katanya.

Ia menerangkan, cara kedua yang diajarkan dalam workshop adalah menggunakan fitur API yang ada di aplikasi messenger WhatsApp untuk memudahkan komunikasi dengan konsumen atau calon konsumen serta untuk mendukung program-program yang dimiliki oleh AHASS. (den/ton)