ASN Diminta Tanggap Bencana

303

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID – Tugas penanggulangan bencana tidak hanya tugas pemerintah atau petugas BPBD saja. Namun tugas semua pihak, tak terkecuali seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang.

“Saya minta, ASN, komunitas relawan dan petugas penanggulangan bencana, agar saling berkoordinasi dan bekerjasama dalam menangani bencana yang terjadi di Kabupaten Magelang,” pinta Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto saat memimpin Apel Siaga Penanggulangan Bencana di halaman Setda Kabupaten Magelang, Jumat (27/4).

Tavip menuturkan, secara geografis, sebagian wilayah Kabupaten Magelang merupakan perbukitan. Pasalnya, wilayah Kabupaten Magelang diapit oleh lima gunung. Hal inilah yang mengakibatkan Kabupaten Magelang rawan terjadi bencana, terutama tanah longsor. Untuk itu, simulasi penanggulangan bencana sebagai langkah deteksi dini sangatlah penting. “Simulasi evakuasi pada hari ini (kemarin, red) memberi kesempatan untuk mengenali ancaman risiko bencana di sekitar agar dapat melakukan rencana terorganisir,” ungkapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edi Susanto mengungkapkan, simulasi ini digelar untuk mempersiapkan para ASN jika sewaktu-waktu terjadi bencana pada jam kerja. (san/ton)