PRODUK LOKAL : Sebanyak 18 mitra binaan Pertamina mengikuti pameran Semarang Hitz Market di DP Mall. (NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG)
PRODUK LOKAL : Sebanyak 18 mitra binaan Pertamina mengikuti pameran Semarang Hitz Market di DP Mall. (NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV tahun ini mengalokasikan dana kemitraan sebesar Rp 13 miliar. Dana tersebut dikucurkan pada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk kemajuan usaha mereka.

Manager Communication and CSR MOR IV Andar Titi Lestari mengatakan, dari total alokasi tersebut, dalam triwulan pertama ini sudah Rp 4 miliar dana yang disalurkan ke para pelaku UMKM dengan jenis usaha yang cukup bervariasi. “Kami sudah sosialisasikan program ini, responnya cukup baik. Sekitar 200 pelaku UMKM sudah mendaftar untuk program ini,” ujarnya di sela pameran Semarang Hitz Market di DP Mall, Kamis (26/4).

Dana kemitraan ini, lanjutnya, merupakan salah satu komitmen Pertamina dalam memajukan UMKM, khususnya di wilayah kerja Jawa Tengah dan DIY. Yaitu dengan menyalurkan pinjaman modal bagi para pelaku UMKM dengan bunga rendah. “Pinjaman ini memang tetap ada bunga, tapi sangat rendah, yaitu 3 persen. Tapi bukan untuk keuntungan Pertamina, namun kembali lagi ke mereka untuk membiayai pameran dan roadshow baik di dalam maupun luar negeri. Sehingga saat mengikuti pameran, mereka benar-benar free tinggal memamerkan dan menjual produk. Termasuk juga untuk berbagai pelatihan,” ujarnya.

Sedangkan untuk menjadi mitra binaan yang berhak mendapatkan pinjaman, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Di antaranya, usaha sudah setahun berjalan dan tidak memiliki tanggungan pinjaman dari perbankan. (dna/ton)