Pelaku UKM Dibekali Digital Marketing 

271
BERI PENJELASAN: Sri Wid, salah satu tutor Marketing Online Telkom Witel Pekalongan saat berikan tehnik memfoto produk yang menarik. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang )
BERI PENJELASAN: Sri Wid, salah satu tutor Marketing Online Telkom Witel Pekalongan saat berikan tehnik memfoto produk yang menarik. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang )

RADARSEMARANG.COM, PEKALONGAN – Dunia pemasaran produk yang semakin perkembang terutama dalam dunia marketing online, ingin coba ditularkan oleh PT Telkom Witel Pekalongan kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjadi mitra binaan selama ini.

“Kami ingin mitra yang kami bisa semakin berkembang, sehingga tidak hanya sekedar beri modal namun juga membantu proses marketingnya,” ucap Kepala Community Development Center (CDC) Telkom Pekalongan Yuli Widiyanti, saat menggelar pelatihan Marketing Online dan Pengambilan Gambar Produk, Kamis (26/4).

Pada kesempatan kemarin ada 25 mitra binaan yang diberi pelatihan, sementara khusus yang di wilayah kota Pekalongan dan kabupaten Pekalongan. Dipilih juga mitra yang sudah mulai tumbuh.”Kita pilih yang sedang tumbuh, agar kedepan mereka bisa menjadi mitra unggulkan,” jelasnya.

Selain itu, sebagian besar mitra juga belum tersentuh marketing online. Untuk itu menjadi tugas mereka, untuk mengarahkan. Dari mulai proses menyiapkan produk untuk difoto hingga, bagaimana cara memasarkan di media online.”Kita akan arahkan, sampai mereka mandiri dan maju,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, CDC menghadirkan mentor dari Rumah Kreatif BUMN. Yang akan memberi banyak bekal para mitra bisa  memasarkan produk nya sendiri. “Kami ingin berikan, pengetahuan mereka dari mulai memfoto produk, hingga dipajang di pasar online, agar bagus memnag tidak boleh asal foto,” jelas Sri Wid, salah satu mentor.

Seperti dicontohkan, produk bisa difoto menggunakan Box foto sederhana. Dengan cahaya yang pas, walaupun difoto dengan HP, sudah akan bagus. Selanjutnya, para mitra juga dibantu dalam memasarkan produk, dengan portal jual beli  milik PT Telkom. Juga bagaimana mempromosikan di media sosial. “Para kita akan terus dibantu tim RKB, hingga bisa dan lancar,” tandasnya. (han/bas)