ILUSTRASI: JAWAPOS.COM
ILUSTRASI: JAWAPOS.COM

RADARSEMARANG.COM, KENDAL—Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal memastikan Ujian Nasional Berbasis Nasional (UNBK) hari kedua berjalan lancar. Meski pada hari pertama UNBK, server sempat ngadat.

Kabid Pendidikan Menengah Disdikbud Kendal, Joko Supratikno mengatakan bahwa pada hari pertama seluruh sekolah peserta UNBK ngadat. Para siswa tidak bisa login komputer, sehingga tidak bisa mengerjakan soal UNBK. Akibatnya, pelaksanaan UNBK hari pertama molor. Dari jadwal yang sedianya dimulai pukul 07.30, baru bisa dimulai pukul 08.30. Akhirnya disesuaikan dua jam, namun UNBK di jadwal berikutnya juga molor. “Kendala server ngadat tidak hanya terjadi di Kendal, tapi secara nasional. Tapi hari kedua ini (kemarin, Red) semua lancar,” tandasnya.

Peserta UNBK SMP di Kendal seluruhnya ada 149 sekolah. Total siswa peserta UNBK sebanyak 15.347 siswa. Rinciannya peserta UNBK ada sebanyak 46 sekolah dengan 5.912 siswa. Sedangkan yang ujian manual atau UNKP sebanyak 103 sekolah dengan 9.435 siswa. “Sejauh ini, baik yang UNBK maupun UNKP, semua siswa masuk. Dalam arti mengikuti ujian semua. Tidak ada yang absen,” tambahnya.

Kepala SMP 2 Kendal mengatakan jika hari pertama dari tiga ruang kelas laboratorium sekolah. Satu ruang servernya ngadat. Sehingga 30 siswa terkendala melaksanakan ujian. “Tapi segera teratasi, meskipun molor satu jam,” katanya.

Salah satu siswa SMP 2 Kendal, Amira Putri Sonya mengakui pelaksanaan UNBK hari pertama molor. “Saat mau login tidak bisa masuk, sehingga semua  siswa bingung, tapi hari kedua semua lancar,” akunya. (bud/ida)