GAIRAHKAN PASAR : Sejumlah pengembang baik nasional maupun lokal hadir dalam BCA Expo. Event yang kali kedua digelar ini sebagai upaya untuk Iebih aktif dalam mengembangkan penyaluran kredit. (NURUL PRATIDINA/JAWA POS RADAR SEMARANG)
GAIRAHKAN PASAR : Sejumlah pengembang baik nasional maupun lokal hadir dalam BCA Expo. Event yang kali kedua digelar ini sebagai upaya untuk Iebih aktif dalam mengembangkan penyaluran kredit. (NURUL PRATIDINA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Sektor properti sejak tahun lalu cenderung lesu. Suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang semakin kompetitif diharapkan dapat merangsang sektor ini untuk kembali bergairah.

“Secara makro perekonomian kita memang tampaknya membaik. Namun untuk sektor properti sejauh ini masih landai, belum ada peningkatan yang signifikan sejak tahun lalu,” ujar salah seorang pengembang perumahan, Dibya K Hidayat.

Kondisi ini juga tidak ditampik oleh kalangan perbankan. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala KPR BCA Semarang, Ronald Laongan. “Kecenderungan melandai dalam penjualan rumah memang ada. Namun kami dari sektor perbankan masih bisa menyiasatinya. Karena potensi pembiayaan KPR tidak hanya berasal dari pengembang saja tetapi juga channel lainnya,” ujar Ronald.

Tahun lalu misalnya, pihaknya sempat mengeluarkan bunga KPR fix 6 persen. Hal tersebut dapat mendongkrak pertumbuhan KPR hingga 398 persen. Strategi ini lantas diikuti oleh hampir semua kompetitor yang bermain di level sama.

Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Semarang, Hendra Sutanto menambahkan, meskipun terlihat ada sedikit perlambatan, namun dengan suku bunga yang saat ini cukup rendah diharapkan bisa menjadi waktu yang tepat bagi konsumen untuk membeli rumah. “Saat ini banyak developer tidak menyiapkan rumah stok siap huni atau jumlahnya dikurangi, jika ada pembeli baru dibangun,” ujarnya.

Namun demikian, saat ini pihaknya juga memberikan banyak kemudahan. Diantaranya dalam event BCA Expo yang digelar di Marina Convention Center pada akhir pekan lalu. Terdapat tujuh pengembang nasional maupun lokal yang hadir di event tersebut.

“Bagi nasabah yang menginginkan hunian idaman kami berikan promo bunga 5,88 persen fix 3 tahun tanpa pengendapan dana selama pameran berlangsung. Bagi nasabah khusus, kami juga memberikan bunga lebih ringan 5,61 persen fix and capt 5 tahun,” katanya.

Penyelenggaraan BCA Expo 2018 di Semarang ini merupakan salah satu upaya untuk Iebih aktif dalam mengembangkan penyaluran kredit ke sektor-sektor yang memiliki value chain luas. Pada segmen kredit bagi nasabah individu, BCA berkeyakinan bahwa kredit pemilikan rumah dan kredit kendaraan bermotor memiliki potensi yang besar untuk bertumbuh dalam jangka panjang. (dna/ric)