PRODUK UKM– Bupati Batang Wihaji dan istrinya Uni Kuslantasi berbelanja di salah satu stan di pameran Dekranasda di halaman Gedung Wanita. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
PRODUK UKM– Bupati Batang Wihaji dan istrinya Uni Kuslantasi berbelanja di salah satu stan di pameran Dekranasda di halaman Gedung Wanita. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Sebagai bentuk dukungan kepada usaha kecil menengah (UKM) yang tergabung di Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupatan Batang, pemerintah setempat mengharapkan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk beli produk-produk Dekranasda.

“Di Dekranasda semua produk terbaik UKM di Batang sudah kita masukkan semua. Jadi kami harap  OPD yang mau menggelar acara bisa pesan produk di kami,” ucap Ketua Dekranasda Kabupaten Batang Uni Kuslantasi Wihaji saat launching showroom Dekranasda Batang ‘Teras Kreasi’ di Jalan Dr Wahidin Batang,  Senin (23/4/2018).

Dengan hal itu, OPD juga bisa mendukung UKM di Batang. Juga ada perputaran ekonomi di showroom Dekranasda. Lebih dari itu, semua UKM yang ada juga akan semakin maju dengan adanya pendayagunaan tersebut.

“Showroom ini harus bergerak, ada perputaran ekonomi di sini, agar semua UKM semakin maju,” ujarnya.

Gedung Dekranasda sendiri kembali difungsikan oleh Pemkab setempat, sebagai showroom produk Batang. Terkhusus produk oleh-oleh kreatif, seperti kerajinan kayu, kertas, kaca, batik, kulit dan sebagainya. Diharapkan pula, jika nanti ada tamu dari pemda maupun dari masyarakat, bisa memanfaatkan showroom tersebut untuk belanja oleh-khas Batang.

Disebut teras kreasi karena, diharapkan bisa sebagai etalase produk kreatif UKM Batang. “Produk-produk Batang ini bisa kita munculkan, kita promosikan dan kita kuatkan dan berdayakan bersama-sama,” tandas Uni Kuslantasi yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batang itu. (han/lis)