TAMPILKAN BAKAT : Sejumlah siswi SMAN 3 Semarang berfoto dengan mengenakan busana adat disela acara Kartini Ganesha 2018, Senin (23/4). (Nurchamim/jawa pos radar semarang)
TAMPILKAN BAKAT : Sejumlah siswi SMAN 3 Semarang berfoto dengan mengenakan busana adat disela acara Kartini Ganesha 2018, Senin (23/4). (Nurchamim/jawa pos radar semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pengurus OSIS SMAN 3 Semarang memanfaatkan momen peringatan Hari Kartini untuk mencetak Kartini Masa Kini. Mereka melakukan pencarian siswi SMAN 3 Semarang yang bertalenta untuk menjadi inspirasi bagi sesamanya.

Ketua Panitia Kartini Ganesha 2018 SMAN 3 Semarang, Shafa Quamila mengatakan, pencarian dilakukan melalui pemilihan Duta Kartini Ganesha atau Kartini SMAN 3 Semarang. Empat orang peserta dari 27 kelas dipilih menjadi Kartini Ganesha berdasarkan sejumlah kriteria.

”Termasuk bakat yang dimilikinya. Karena memang ada tahapan seleksi saat para peserta harus menampilkan bakatnya,” ujar Shafa di sela acara Kartini Ganesha 2018 di SMAN 3 Semarang, Senin (23/4).

Peringatan Hari Kartini kali ini mengangkat tema future culture. Tema diangkat dengan tujuan menciptakan Kartini sesuai dengan perkembangan zaman. Tentu tanpa meninggalkan jatidiri sebagai seorang perempuan yang berpendirian.

Melalui pemilihan ini, OSIS SMAN 3 Semarang berharap dapat mencetak siswi dengan pemikiran baru dan dapat menjadi sosok inspiratif di era globalisasi. ”Karena sudah saatnya Kartini baru menjadi pembaharu,” ujarnya.

Siswi SMAN 3 Semarang, Lovenda Kiendra menilai Kartini masa kini memang diperlukan. Perempuan masa kini, menurutnya harus bisa meneladani sifat-sifat Kartini disesuaikan dengan perkembangan zaman.

”Yang masih harus dilanjutkan adalah perjuangan untuk membuat pendidikan yang merata. Jangan sampai masih ada anggapan bahwa perempuan itu ujung-ujungnya hanya di rumah,” ujarnya. (sga/ric)