PENGHARGAAN : Inspektur upacara, Kabag Sumda Polres Magelang Kota Kompol Nanik Kusworini menyerahkan penghargaan kepada tiga warga Kota Magelang karena membantu tugas kepolisian, Senin (23/4). (Agus Hadianto/Radar Kedu)
PENGHARGAAN : Inspektur upacara, Kabag Sumda Polres Magelang Kota Kompol Nanik Kusworini menyerahkan penghargaan kepada tiga warga Kota Magelang karena membantu tugas kepolisian, Senin (23/4). (Agus Hadianto/Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Dedikasi tiga warga Kota Magelang yang membantu tugas kepolisian, diganjar penghargaan oleh Polres Magelang Kota, Senin (23/4) kemarin.

Kapolres Magelang Kota AKPB Kristanto Yoga Darmawan melalui Kasubag Humas AKP Esti Wardiani menuturkan warga Kota Magelang yang mendapat penghargaan antara lain Sriyono Ketua RT 6 RW 9 Kedungsari Magelang Utara karena telah berhasil menggagalkan dan menangkap pelaku kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

“Sedangkan dua orang lainnya Sudhiarto, 65, warga Tidar Campur RT 2 RW 1 Tidar Selatan Magelang Selatan dan Suryono warga Tidar Campur RT 01 RW 01 Tidar selatan. Keduanya telah membantu tugas Polri dalam penanganan kebakaran di Tidar Campur. Penghargaan kami berikan berupa piagam dan uang,” jelas Esti usai upacara  memperingati Hari Kartini yang petugas upacara seluruhnya para polisi wanita.

Selain itu pihaknya juga memberikan penghargaan kepada Brigadir Dwi anggota Satlantas karena telah mendapatkan apresiasi positif atas tindakan pemberian teguran dengan bijak terhadap pelanggar lalu lintas.

“Yang bersangkutan kami berikan reward. Ini sebagai bentuk penghargaaan pimpinan dan untuk memacu personel Polri untuk kerja yang baik secara profesional dan proporsional. Untuk masyarakat juga sebagai bentuk apresiasi Polri atas kerja sama yang terbangun dalam menciptakan kamtibmas,” tutur Esti.

Dalam upacara unik tersebut, seluruh petugas upacara adalah polisi wanita yang bekerja di Polres Magelang Kota. Untuk inspektur upcara adalah Kabag Sumda Kompol Nanik Kusworini, komandan upacara Iptu Endang, pembina upacara AKP Jalikah, pembawa acara Brigadir Dewi. Sedangkan danton perwira AKP Budi, danton polwan Aiptu Endang, danton Dalmas Ipda Titik Sayekti, dan danton polsek Aiptu Atmudah.

Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan dalam sambutannya yang dibacakan Kompol Nanik Kusworini  menjelaskan bahwa peringatan Hari Kartini adalah penghormatan tanpa nilai, serta dapat mengambil keteladanan dari sosok pahlawan yang kita hormati.

“Atas perjuangan RA Kartini, kita dapat melihat perempuan Indonesia yang bukan hanya  ibu rumah tangga, tetapi banyak perempuan yang menduduki jabatan strategis. Namun tetap kodratnya sebagai wanita punya peran ganda. Harapan kita semua dapat menjadi Kartini-Kartini masa kini yang cerdas dan mandiri,” pungkas Nanik. (had/lis)