Warna-Warni Nusantara SMAN 1 Pringsurat

920
RAMAI : Barongsai yang ditampilkan siswa dalam memperingati Hari Kartini SMAN 1 Pringsurat, Temanggung. (IST)
RAMAI : Barongsai yang ditampilkan siswa dalam memperingati Hari Kartini SMAN 1 Pringsurat, Temanggung. (IST)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Hari Kartini diperingati SMAN 1 Pringsurat Temanggung dengan berbagai kegiatan yang menarik selama 2 hari. Tidak sekadar mengenakan pakaian adat, namun diadakan pula berbagai lomba yang diikuti siswa kelas X dan XI.

Dalam kegiatan bertajuk  ‘Warna-warni  Nusantara’ ini digelar festival tari tradisional dan kreasi baru. Juga, aneka kuliner lokal, penobatan Miss dan Mas SMA Balet.

Pada hari pertama kegiatan, warga sekolah disuguhi tari lokal Temanggung dan tari dari daerah-daerah di nusantara. Seperti kubra siswa, warok, soreng, topeng ireng, butonan, tari saman, dan tor-tor. Sendratari Ramayana dan barongsai mendapatkan sambutan meriah.

Tak hanya itu, diadakan pula lomba kuliner nusantara yang diikuti oleh siswa putra. Menurut panitia, Akromatun Nisa, lomba memasak ini untuk menunjukkan bahwa memasak bukanlah pekerjaan yang tabu bagi siswa putra. Bahkan di era kekinian diharapkan para lelaki juga akrab dengan dunia dapur serta aneka kuliner.

Berbagai jajanan khas Temanggung ternyata dapat dihasilkan oleh tangan kreatif para siswa, seperti srengkulun, ndas borok, klepon, cethil, gethuk, dan lain-lain.

Menurut Kepala SMAN 1 Pringsurat, Teguh Wibowo, ini sesungguhnya kegiatan jeda tengah semester yang seharusnya diberikan kepada siswa pada bulan Maret lalu.

“Agar lebih efektif dan efisien, kegiatan jeda tengah semester dibarengkan dengan peringatan Hari Kartini sehingga kegiatan siswa dapat lebih tematik,” jelasnya.

Ditambahkannya peringatan Hari Kartini ini juga menjadi sarana pengembangan karakter siswa. Khususnya karakter nasionalisme, mandiri, kreatif, kompetitif, dan bangga akan kearifan lokal. (*/lis)