KULINER KHAS: Pemeriksaan kesehatan gratis, aksi donor darah  serta Festival Jamu dan Kuliner 2018 yang digelar Garnita Malahayati Partai Nasdem Kabupaten Rembang. (ISTIMEWA)
KULINER KHAS: Pemeriksaan kesehatan gratis, aksi donor darah  serta Festival Jamu dan Kuliner 2018 yang digelar Garnita Malahayati Partai Nasdem Kabupaten Rembang. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK-Koordinator Wilayah Partai Nasdem Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) Rerie  Lestari Moerdijat  memberikan pelayanan kesehatan gratis di Desa Tuwang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Sabtu (21/4). “Kita adalah para perempuan – anak cucu – keturunan para perempuan tangguh itu. Kita mewarisi darah mereka, dan sejarah telah mencatat perempuan Indonesia tidak mengenal kata lemah. ‘’kata Rerie saat mengomentari soal emansipasi wanita di Hari Kartini ini.

Bahkan dia  memiliki keinginan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan. Sebab, menurutnya, semua orang mempunyai hak yang sama untuk mendapat pelayanan kesehatan. Namun, masih banyak rintangan yang menghalangi warga untuk mendapat pelayanan kesehatan, terutama karena faktor biaya yang tidak murah dan masih jauhnya pusat layanan kesehatan masyarakat.

Untuk itu, dalam rangka memperingati Hari Kartini 2018, pelayanan kesehatan gratis ini kembali digulirkan dengan memberikan berbagai layanan kesehatan kepada warga.Mulai dari pemeriksaan gula darah, tensi, kolestrol, dan asam urat. Setelah dilakukan check-up secara menyeluruh peserta akan diberikan obat yang sesuai dengan diagnosis.

Sebelumnya, bakti sosial layanan kesehatan gratis ini juga sudah dilaksanakan di beberapa wilayah Kabupaten Demak dan Kudus. Kegiatan yang dibantu oleh komunitas “Sahabat Mbak Rerie” ini dimulai pukul 13.00, dengan diawali pembukaan dan penyuluhan kesehatan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga oleh dr Siti Ekowati. Seluruh warga sangat antusias dengan kegiatan yang diselenggarakan di rumah Abdul Chafid tersebut.

Pelayanan gratis  juga   dilakukan Garnita Malahayati Partai Nasdem Kabupaten Rembang. Selain pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga desa, juga  digelar aksi donor darah  serta Festival Jamu dan Kuliner 2018  yang digelar di sebelah barat Alun-alun Rembang. (sct/aro)