PADAT KARYA : Warga Desa Kembanglimus Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang mengikuti kegiatan padat karya tunai (PKT) yang diadakan PT Patra Jasa, Sabtu (21/4). ( Ahsan fauzi/radar kedu)
PADAT KARYA : Warga Desa Kembanglimus Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang mengikuti kegiatan padat karya tunai (PKT) yang diadakan PT Patra Jasa, Sabtu (21/4). ( Ahsan fauzi/radar kedu)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID – Selama dua hari, Sabtu-Minggu (21-22/4), sebanyak 650 warga dari dua desa, Sambeng dan Kembanglimus di Kecamatan Borobudur dilibatkan dalam proyek padat karya tunai (PKT) yang dilaksanakan PT Patra Jasa.

PKT yang dipusatkan di dua desa tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-20 Kementerian BUMN tahun 2018.

Staf khusus II Menteri BUMN RI, Judith Dipodiputro menuturkan, dalam proyek PKT ini, Patra Jasa bekerja sama dengan Taman Wisata Candi (TWC) melakukan pengerasan jalan tani, yang akan menjadi jalur by pass penghubung 5 dusun di  Sambeng.

“Jalur ini akan mengakselerasi kegiatan ekonomi warga desa,” kata Judith saat membuka kegiatan, Sabtu (21/4).

Pihaknya sangat konsen ke desa-desa. Karena desa merupakan landasan ketahanan masyarakat akar rumput, untuk berkehidupan atau sejahtera secara ekonomi. Menurutnya,  di desa sebagian besar masyarakat adalah petani, di ranah ini, diharapkan bisa berkonstribusi terhadap ketahanan pangan.

“Ada satu aspek yang sangat penting dari pembangunan desa yakni aksesbilitas, dengan pembangunan infrastruktur yang dibantu, maka roda perekonomian lebih lancar,” harapnya.

Masih menurut Judith, selain sektor pertanian warga tetap kuat, sebenarnya ada aspek lain yang ingin dijangkau. Yakni keberadaan Candi Borobudur yang sudah diakui sebagai warisan budaya dunia dan sangat menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya. Namun bagaimana,  keberadaan candi Borobudur  bisa dirasakan secara ekonomi oleh warga sekitar Borobudur.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong keunggulan pariwisata dengan memunculkan keunggulan desa mereka masing-masing. Sehingga bisa menambah minat wisatawan untuk datang.

Sekretaris PT Patra Jasa, Gatot Subagio mengatakan,  di Desa Sambeng PKT melibatkan  sekitar 500 warga. Di Desa Kembanglimus, memperbaiki akses jalan menuju Gereja Ayam melibatkan 150 warga setempat.

Sementara itu, Camat Borobudur, Nanda Pribadi menambahkan keberadaan balkondes di Borobudur  dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat. Mereka menjadi termotivasi untuk mengembangkan keunggulannya. “Salah satu karya yang sudah banyak peminatnya adalah “udeng Borobudur” dan adanya pencanangan kampung daur ulang,” akunya. (san/lis)