SERAHKAN - Kepala Sekolah SD Limpung 01 Marini, Spd, M.pd menyerahkan hadiah kepada juara lomba busana dalam rangka peringatan Hari Kartini di halaman SD Limpung 01 Batang. (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SERAHKAN - Kepala Sekolah SD Limpung 01 Marini, Spd, M.pd menyerahkan hadiah kepada juara lomba busana dalam rangka peringatan Hari Kartini di halaman SD Limpung 01 Batang. (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Ada yang unik digelar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Limpung 01 Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Dalam rangka memperingati sekaligus memeriahkan peringatan Hari Kartini 21 April kemarin, diadakan berbagai macam lomba. Yang menarik juga digelar lomba mengerjakan soal Mata Pelajaran pada ulangan umum.

“Tahun ini kami sengaja tidak menggelar pawai, karena cuaca panas. Kasihan nanti make up mereka luntur,” kata Kepala SD Limpung 01, Marini, SPd, Mpd kepada Jawa Pos Radar Semarang, Sabtu (21/4).

Khusus untuk kelas VI, jelasnya, memang sengaja diadakan lomba tes mata pelajaran, terutama pelajara ulangan umum. Sedangkan kelas lainnya tetap ikut lomba khas Kartini-an seperti lomba busana, lomba baca puisi, lomba membuat mainan dari stik es krim dan lain-lain.

Lomba yang unik lain, yaitu lomba busana baik tunggal maupun berpasangan. Peragawan peragawati dadakan pun muncul dengan gaya polos. Ada yang luwes dan anggun tapi ada pula yang tergesa-gesa setengah berlari melewati catwalk.

Lomba yang digelar di halaman sekolah tersebut menampilkan permainan gembira tapi tetap dengan tujuan mendidik. Dan diikuti oleh semua siswa, yang memang diwajibkan berpakaian adat Nusantara. Masyarakat Limpung yang heterogen memunculkan beragam corak budaya yang beragam pula tapi tetap satu kesatuan.

“Anak-anak perempuan dan laki-laki memakai pakaian adat Nusantara. Kami tidak membatasi harus memakai adat Jawa tapi dari semua suku untuk menunjukkan bahwa kami satu kesatuan dalam Bhineka Tunggal Ika,” jelasnya.

Lebih lanjut terang Marini, SDN Limpung 01 saat ini masih menjadi sekolah favorit bagi warga sekiata Limpung. Disebabkan prestasinya yang sudah menembus tingkat nasional. Bakat-bakat luar biasa selalu muncul tak pernah putus. Seperti Juara II OSN tingkat nasional pernah disabet tiga tahun lalu.“Untuk tahun ini kami mengirim perenang atas nama Prasasti Sekar Kinasih yang maju ke POPDA SD tingkat Provinsi mewakili Kabupaten Batang,” ujar Marini bangga. (han/sct/bas)