Pembangunan Tahap II Sirkuit Mijen Dimulai

346
BERGENGSI : Sirkuit Mijen Kota Semarang yang digadang-gadang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Semarang, saat ini memasuki proses pembangunan tahap II. (ADITYO DWI RIANTOTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BERGENGSI : Sirkuit Mijen Kota Semarang yang digadang-gadang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Semarang, saat ini memasuki proses pembangunan tahap II. (ADITYO DWI RIANTOTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Pembangunan Sirkuit Mijen Kota Semarang saat ini memasuki proses pembangunan tahap II. Arena sirkuit bergengsi yang dibangun di atas lahan seluas 11 hektare ini, ada 7 hektare di antaranya untuk drag race maupun balap motor berkelas nasional. Ke depan, sikuit ini digadang-gadang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Semarang.

“Tahun ini, pembangunan tahap II Sirkuit Mijen. Kalau kemarin adalah pembangunan lintasannya, tahun pembuatan tribun dan penataan yang lain. Mudah-mudahan akhir Desember selesai,” kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Minggu (21/4).

Hendi sapaan akrab Hendrar Prihadi mengapresiasi PT Prima Abadi selaku kontraktor yang sejauh ini berkomitmen memercepat penyelesain pembangunan sirkuit ini. “Evaluasinya, ada tikungan yang kami pikir cukup berbahaya, karena ujungnya adalah tebing yang curam. Saya minta pihak pengawas dan dinas untuk dipasang tanggul pengaman,” katanya.

Pada tahap ini dilakukan pembangunan paddock atau tribun. Setelah itu dilakukan penyempurnaan seperti penghijauan. “Dua tahun anggaran akan selesai, tapi perlu tambahan satu tahun untuk penyempurnaan agar segmennya jadi indah dan menarik,” terangnya.

Sirkuit Mijen dibangun dengan APBD Kota Semarang dan ditarget selesai pada 2018 mendatang. Pembangunannya dilakukan multiyears dengan anggaran senilai Rp135 miliar. Konsep sirkuit panoramik itu nantinya akan multy event sport. Selain sebagai arena road race dengan panjang lintasan 2,7 kilometer, sirkuit juga dilengkapi dengan arena gokart, drag race, slalom serta paddock. Pun kelengkapan tribun dan panggung besar untuk berbagai kegiatan anak muda berkonsep sport center multy event.

Meskipun belum sepenuhnya selesai, Sirkuit Mijen tersebut bakal digunakan untuk Kejurnas Road Race pada Mei mendatang. Selain pembangunan Sirkuit Mijen, juga ada pembangunan sirkuit motor cross di lahan 20 hektare di kawasan Bukit Semarang Baru (BSB). Pembuatan sirkuit di BSB tersebut untuk perhelatan event Motocross Grand Prix (MXGP) 2018 di Kota Semarang. “Sirkuit Mijen dibangun dengan lintasan aspal. Tapi kalau MXGP adalah event motor cross yang lintasannya berupa tanah, yakni di BSB,” katanya.

Ia optimistis, adanya Sirkuit Mijen akan menjadi ikon baru Kota Semarang. Sebab, sirkuit ini bakal memiliki pemandangan cantik karena berada di kawasan pegunungan yang ditumbuhi pohon-pohon hijau. (amu/ida)