HARI KARTINI : Para siswa SMK Citra Medika Kota Magelang melayani cek kesehatan gratis bagi para pedagang di Pasar Rejowinangun. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)
HARI KARTINI : Para siswa SMK Citra Medika Kota Magelang melayani cek kesehatan gratis bagi para pedagang di Pasar Rejowinangun. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Hari Kartini juga diperingati sejumlah siswa SMK Citra Medika Kota Magelang, Jumat (20/4). Dengan berpakaian kebaya, mereka memberikan pelayanan cek kesehatan gratis bagi kuli panggul dan pedagang di Pasar Rejowinangun. Sasarannya adalah pekerja perempuan.

Ketua OSIS SMK Citra Medika Kota Magelang, Enfina mengatakan, pelayanan kesehatan yang diberikan meliputi cek asam urat, glukosa, dan tekanan darah. “Mungkin para kuli panggul dan pedagang tidak sempat memeriksakan kesehatannya, karena mereka sibuk dengan aktivitasnya. Sehingga kami memilih pasar sebagai lokasi untuk kegiatan bakti kesehatan, ” kata Enfina.

Awalnya, ia hanya mentargetkan 50 orang untuk memeriksakan diri. Namun antusias pedagang cukup tinggi. “Untuk pelayanan kami ada dua tim. Satu di dekat Tempat Penitipan Anak (TPA) Pasar Rejowinangun, dan satunya lagi berkeliling ke lapak-lapak pedagang,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, SMK kesehatan tersebut juga didampingi petugas Puskesmas Jurangombo, Kecamatan Magelang Selatan. Seorang petugas puskesmas, Anik Purwanti mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia menilai, para siswa sudah cukup memiliki keterampilan dalam mengecek kesehatan. “Kita ikut memantau juga. Kemudian kami juga membuka konsultasi bagi pasien yang sudah di cek kesehatannya oleh para siswa. Jika membutuhkan obat, kami berikan secara gratis,” imbuhnya.

Ia mengamati, para pedagang banyak mengeluhkan sakit pegal-pegal, hipertensi, asam lambung dan sebagainya. (put/ton)