DILANTIK: Bupati Demak HM Natsir melantik pengurus Saka Pustaka disela membuka pameran buku di Alun-Alun Kota Demak. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DILANTIK: Bupati Demak HM Natsir melantik pengurus Saka Pustaka disela membuka pameran buku di Alun-Alun Kota Demak. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Saka Pustaka yang dibentuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Demak menjadi ujung tombak dalam mengenalkan dan meningkatkan minat baca masyarakat. Kepala Dinas Perpustakaan, Tatik Rumiyati mengatakan, saka pustaka akan menjadi garda terdepan dalam menggelorakan budaya gemar membaca.

Pihaknya terus memupuk masyarakat agar rajin membaca buku. Karena itu, Dinas Perpustakaan setiap tahun selalu menganggarkan untuk membeli buku terbaru. Selain beli, Dinas Perpustakaan juga menerima bantuan buku dari berbagai pihak, termasuk dari pegawai negeri sipil (PNS) atau aparat sipil Negara (ASN) yang sedang naik pangkat. Infaq buku dari ASN ini cukup efektif menambah koleksi buku diperpustakaan daerah tersebut.

“Jumlah ASN yang naik pangkat yang infaq buku tercatat ada 469 orang. Dari jumlah itu, baru 309 orang ASN yang sudah infaq buku dengan jumlah total 653 judul buku. Sedangkan, sisanya sebanyak 160 orang ASN belum berinfaq buku. Tentu, kita tunggu infaq bukunya. Mudah mudahan berguna untuk masyarakat Demak,” ujar Tatik.

Selain itu, kegiatan lain yang dijalankan Dinperpus adalah menggelar acara wisata literasi dan arsip tiap Sabtu dan Minggu, utamanya untuk pekan pertama dan ketiga setiap bulan. Sementara itu, pameran buku yang digelar Dinperpus hingga kemarin ramai dikunjungi masyarakat. Pameran buku berlangsung hingga 24 April mendatang.

Banyak kegiatan yang mengiringi pameran buku ini. Yaitu, lomba hafidz Quran, mewarnai, mengambar untuk TK/SD, lomba da’i cilik, baca puisi umum, gegurita umum, fashion show anak, rebana anak, karaoke religi dan talkshow serta workshop. (hib/sct/bas)