Kirim 8 Karya ke Provinsi

422
KREASI WARGA : Salah satu peserta memaparkan karyanya dalam Krenova tingkat Kota Magelang 2018. (DOK BALITBANG KOTA MAGELANG)
KREASI WARGA : Salah satu peserta memaparkan karyanya dalam Krenova tingkat Kota Magelang 2018. (DOK BALITBANG KOTA MAGELANG)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Sebanyak 8 karya terbaik masyarakat Kota Magelang dalam lomba Kreasi dan Inovasi (Krenova) Tahun 2018 dikirim ke tingkat Provinsi Jawa Tengah oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang. Dalam kompetisi ini, akan diambil 40 nominator, selanjutnya dilakukan presentasi karya untuk menentukan 10 pemenang utama dan 10 pemenang harapan.

Kepala Balitbang Kota Magelang Arif Barata Sakti berharap, karya-karya itu mendapat peringkat di tingkat provinsi seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya. “Kita targetkan, bisa mempertahankan prestasi tahun 2017, meraih penghargaan untuk Wali Kota Pelopor Inovasi Daerah,” ujarnya, kemarin.

Dia menuturkan, dari 8 karya yang dikirimkan, 4 di antaranya masuk dalam grade A dan B. Antara lain Cakram Matemawiku karya Wiku Endrasmoyo (grade A). Lalu Restainer Baszain karya dari tim Bambang Agus, Sulistyono, dan Zaini Muhlas (grade B), Gepoktan karya Sugiyatno (grade B) dan karya berjudul Pemanfaatan Air Limbah Cuci dan Mandi milik Suharyono dan tim (grade B). Adapun empat karya lainnya masuk dalam grade C.

Kabid Pengembangan dan Harmonisasi Inovasi Balitbang Kota Magelang Catur Adi Subagio menambahkan, Krenova Tingkat Provinsi melombakan 9 kategori. Yaitu agribisnis dan pangan, energi, kehutanan dan lingkungan hidup, kelautan dan perikanan, kesehatan, obat-obatan dan kosmetika. Lalu kategori pendidikan, rekayasa teknologi dan manufaktur, kerajinan dan industri rumah tangga, dan sosial. “Kreatif dan inovatif, mudah diterapkan, kemudian teknologinya dapat diaplikasikan dalam skala rumah tangga, bahan baku berbasis lokal dan ramah lingkungan, serta manfaatnya berkelanjutan,” ujarnya membeber kriteria lomba. (put/ton)