Hompimpah Sing Bedo Menang

362
HADRAH: Pengajian di SMK 1 Salam, Kabupaten Magelang, dimeriahkan grup hadrah dari Ngepringan, Muntilan. (IST)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG—SMK Negeri 1 Salam, Kabupaten Magelang, Rabu (18/4), menggelar peringatan Isra Miraj. Peringatan diawali dengan kegiatan pengajian yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan sebagian kelas XI. Hadir dalam kegiatan pengajian tersebut, bapak dan ibu guru.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK N 1 Salam, Bibit Widyanta, mengapresiasi kegiatan tersebut yang dipadukan dengan peringatan Hari Kartini. Selain pengajian, juga digelar berbagai lomba. Di antaranya, lomba tartil Alquran, paduan suara, dan fashion show. Kegiatan juga dimeriahkan grup hadrah dari Ngepringan, Muntilan.

Pembicara kegiatan Isra-Miraj, KH Fathurrohman dari Tejowarno, Tamanagung, Muntilan. Dalam ceramahnya, KH Fathurrohman menyampaikan, salat adalah washilah/perantara berkomunikasi antara manusia sebagai makhluk dengan Allah SWT sebagai al-Khalik.

KH Fathurrohman juga memberikan motivasi kepada para siswa, dengan filosofi permainan “hompipah sing bedo menang”. Menurutnya, dalam mainan hompiah, terkandung makna bahwa sebagai manusia, jika ingin hebat, harus berani berbeda dengan kebanyakan manusia. Kegiatan ditutup dengan doa, diawali dengan asrqol: ”Ya Nabi salam “alaik ya rasul salam ‘alaik. (isk)