Wisma Tumapel, Gedung Bersejarah yang Penuh dengan Misteri

6543
sumber:twitter.com/BroadcastingUB
sumber:twitter.com/BroadcastingUB

Di antara beberapa gedung bersejarah yang ada di Kota Malang, Wisma Tumapel adalah salah satu yang bentuk aslinya masih terjaga hingga sekarang. Bangunan kuno ini menjadi salah satu ikon di Kota Malang yang memiliki kisah-kisah misterius di balik temboknya.

Namun karena sisi misterius inilah yang membuat banyak traveller yang sedang mencari ide tempat wisata di Malang memburu Wisma Tumapel. Lokasinya mudah ditemukan, berada tak jauh dari Balaikota Malang. Tepatnya di Jl Tumapel No. 1 yang hanya berjarak selemparan batu dari Alun-Alun Tugu yang menjadi pusat Kota Bunga ini.

Dibangun Pada Tahun 1928

Wisma Tumapel dibangun pada masa penjajahan Belanda pada tahun 1928 silam sebagai hotel. Dulunya bangunan ini bernama Hotel Splendid, yang kemudian terpecah menjadi dua bagian. Hotel Splendid masih berdiri hingga sekarang dan berlokasi di seberangnya. Sementara Wisma Tumapel beralih fungsi selama beberapa kali, sampai akhirnya tidak ditempati selama beberapa tahun.

Berulang Kali Alih Fungsi

Pada tahun 1944, Wisma Tumapel beralih fungsi menjadi kantor pemerintahan Kota Malang. Namun hanya sekitar sepuluh tahun saja Pemerintah Kota Malang menggunakan tempat ini sebagai kantor, kemudian memindahkannya ke Balaikota.

Setelah itu, Wisma Tumapel kembali menjadi penginapan dan jadi tempat tinggal dosen FKIP Universitas Airlangga. Gedung ini juga menjadi kampus tempat belajar para mahasiswa kampus dari Surabaya tersebut, sampai akhirnya berdiri menjadi kampus sendiri dan jadi asal mula IKIP Negeri Malang.

Sempat Hangus Pada Tahun 1947

Ketika terjadi gerakan bumi hangus pada tahun 1947 yang mana bangunan-bangunan yang dianggap milik Belanda dibakar habis di Malang, Wisma Tumapel pun turut menjadi korban. Beruntung bangunan ini tidak seluruhnya terbakar. Tak lama setelah kondisi mereda, Pemerintah Kota Malang membangun kembali wisma ini seperti bentuk bangunan aslinya.

Milik Universitas Negeri Malang

Dengan asal-usul seperti di atas, bangunan Wisma Tumapel akhirnya menjadi milik IKIP Negeri Malang yang kini berubah nama menjadi Universitas Negeri Malang (UM). Bangunan ini dipergunakan sebagai kampus sampai tahun 1968. Lalu kemudian kampus UM dipindah ke kawasan Jl Veteran karena Wisma Tumapel sudah tidak memadai lagi untuk menampung mahasiswa yang semakin bertambah,

Dianggap Angker

Sejak tahun 1968 itulah, Wisma Tumapel tidak lagi ditempati dan bangunannya pun dibiarkan kosong begitu saja. Karena tidak terawat dan terkesan suram, membuat bangunan bersejarah yang dulunya jadi salah satu ikon tempat wisata di Malang ini dikenal sebagai tempat yang angker.

Meski demikian, banyak wisatawan yang justru penasaran untuk masuk ke sana dan tidak sedikit yang melakukan sesi pemotretan di Wisma Tumapel. Bagian dalam bangunannya memang cantik, membuat banyak pasangan memilihnya sebagai lokasi pemotretan prewedding. Malang punya banyak lokasi wisata yang cocok untuk pemotretan loh, ada yang gratis, yang bayar tinggal beli tiket wisata Traveloka yang lokasinya bisa kamu jangkau dengan mudah.

Dipugar

Kini Wisma Tumapel sudah tidak bisa lagi dijadikan tempat foto-foto atau wisata angker. Sejak beberapa waktu lalu pihak kampus UM melakukan pemugaran pada bangunan ini dan membuatnya jadi lebih bersih dan rapi.

Rencananya, Wisma Tumapel akan dikembalikan ke fungsinya semula, yaitu sebagai hotel tempat wisatawan menginap. Namun hingga kini proses pemugarannya belum selesai, meski perubahannya sudah mulai nampak nyata.

Jika sudah selesai nanti, kamu yang sedang liburan di Malang bisa menjadikan Wisma Tumapel sebagai tempat peristirahatan dengan lokasi yang sangat strategis. Berada di pusat kota, kamu bisa ke berbagai tempat wisata di Malang dengan mudah. (web/ap)