Siapkan 7 KA Tambahan Lebaran

981

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Tingginya animo masyarakat untuk menggunakan kereta api (KA) pada musim mudik Lebaran, membuat PT KAI Daop 4 Semarang menyiapkan 7 KA tambahan Lebaran dengan kapasitas angkut 8.896 penumpang.

Manager Humas Daop 4 Semarang, Suprapto menerangkan secara keseluruhan PT KAI menambah 20 KA tambahan Lebaran pada tahun ini dengan total yang bisa diangkut sebanyak 23.752 penumpang per hari. “Tiketnya dijual mulai hari ini (kemarin). Khusus KA yang melintas Daop 4, akan dilewati 7 KA dengan kapasitas angkut 8.896 penumpang,” katanya.

Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA tambahan ini melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI. “Pada masa angkutan Lebaran tahun 2018 ini, KAI memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket,” ucapnya.

Selain itu, KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan meng-upgrade sistem firewall untuk meminimalisasi risiko adanya gangguan sistem IT serta mengoptimalkan server-server penjualan tiket KA. Ia menerangkan, data 13 April, dari jumlah total tempat duduk KA reguler jarak jauh dan menengah (tidak termasuk KA lokal) di wilayah Daop 4 Semarang sebanyak  694.320 penumpang sudah terjual sebanyak 32 persen.  “Sebanyak 32 persennya atau 219.177 seat telah terjual, sehingga masih banyak tiket KA reguler yang masih tersedia dengan berbagi rute dan tanggal tertentu,” jelasnya.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KA selama masa angkutan Lebaran, PT KAI akan menggelar program pembagian takjil dan makan gratis saat sahur untuk penumpang pada sepuluh hari puasa terakhir. PT KAI juga akan mengerahkan seluruh pegawainya untuk membantu pelayanan di stasiun-stasiun. “Kami juga akan membuat posko Angkutan Lebaran 2018 selama 22 hari mulai tanggal 5 Juni sampai  26 Juni 2018,” pungkasnya. (den/ric)