RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Sebanyak 2.985 siswa SMA/MA di Kota Magelang, Wonosoobo dan Temanggung Selasa (17/4) ini mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) susulan mapel matematika. Untuk mengantisipasi kejadian serupa pada UNBK yang lalu, Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Wilayah IV telah melakukan persiapan.

Ketua panitia UNBK tingkat SMA/SMK BP2MK Wilayah IV Jawa Tengah, Prihestu Hartomo, mengatakan untuk mengantisipasi kendala yang sama terulang, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. Yakni mengumpulkan proktor di Sekretariat UNBK di pusat dan proktor di sekolah masing-masing untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi ulang.

“Terkait kendala itu sudah dirapatkan proktor sekretariat UN pusat dan proktor di sekolah masing-masing juga sudah koordinasi sinkronisasi ulang. Kami lakukan langkah antisipasi terkait kesiapan perangkatnya, jaringannya, dari server kami periksa agar jangan sampai terjadi masalah sama terjadi pada UNBK susulan ini. Jangan sampai ada susulan-susulan lagi,” tandas Prihestu.

Prihestu menjelaskan, pihaknya hingga kini masih belum mengetahui secara pasti masalah teknis yang terjadi pada pelaksanaan UNBK sebelumnya. Prihestu mengaku hanya mengetahui penyebabnya karena perangkat, koneksi,  atau server.

Kendala yang dihadapi pada pelaksanaan UNBK sebelumnya, menurut Prihestu, karena soal ujian yang terkirim ke komputer para siswa dari server tidak muncul secara lengkap.

“Belum jelas penyebabnya apa, tetapi jika dilihat setiap wilayah mengalami masalah-masalah yang berbeda. Ada yang karena perangkat komputernya, ada karena jaringan, ada juga yang masalah server,” beber Prihestu.

UNBK susulan akhirnya dijadwalkan oleh sekolah yang mengalami kendala tersebut.  UNBK susulan, menurut Prihestu, dilaksanakan Selasa (17/4) hingga Rabu (18/4) di masing-masing sekolah penyelenggara ujian di wilayah eks Karesidenan Kedu.

Prihestu merinci jumlah siswa SMA/MA yang mengikuti UNBK susulan. Sebanyak 1.749 siswa di Kabupaten Wonosobo, 617 siswa di Kota Magelang, dan 619 siswa di Kabupaten Temanggung.

“Ada tiga wilayah kabupaten dan kota di wilayah eks Karesidenan Kedu yakni Kabupaten Wonosobo, Kota Magelang dan Kabupaten Temanggung yang melaksanakan UNBK susulan. Total jumlah keseluruhan ada 2.985 siswa,” jelas Prihestu.

Sementara, Kepala SMA Negeri 2 Kota Magelang, Agung Mahmudi mengatakan, sebanyak 177 siswa yang mengikuti UNBK susulan. Agung menuturkan, ujian untuk mapel matematika dijadwalkan sebanyak dua sesi. Pertama pukul 10.00-12.00, dan sesi dua pukul 14.00-16.00. (had/lis)