DOOR PRIZE: Rektor IAIN Salatiga Dr H Rahmat Hariyadi M,Pd. menyerahkan hadiah door prize jalan santai Dies Natal;is ke-48 berupa 1 unit sepeda gunung. (ISTIMEWA)
DOOR PRIZE: Rektor IAIN Salatiga Dr H Rahmat Hariyadi M,Pd. menyerahkan hadiah door prize jalan santai Dies Natal;is ke-48 berupa 1 unit sepeda gunung. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Salatiga memasuki usia ke 48 tepat pada 16 April 2018. Hari ini, Senin (16/4) digelar rapat senat terbuka yang di dalamnya ada orasi ilmiah oleh Prof. Dr. HM. Amin Abdullah MA.

Sejarah cukup panjang sudah ditorehkan sejak awal berdiri sebagai Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, kemudian STAIN Salatiga yang berdiri sendiri dan kini menjadi IAIN Salatiga. IAIN telah terakreditasi Institusi Perguruan Tinggi berdasarkan SK BAN – PT No 691/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2015 sampai dengan 4 Juli 2020.

Saat ini IAIN telah membuka 28 program studi dengan total mahasiswa 10.220. Sebagai bentuk pelayanan, saat ini telah ada tiga kampus terpisah dengan total luas tanah 110.898 m2. Kampus I berada di jalan Tentara Pelajar. Kemudian kampus II di Kembang Arum dan kampus III di Jalan Lingkar Selatan.

“Banyak sekali mahasiswa yang berprestasi. Selain itu, salah satu alumni yakni M Hanif Dhakiri menjadi Menteri Ketenagakerjaan. Selain itu, masih banyak alumni yang membanggakan dan mengharumkan nama baik di tingkat lokal hingga nasional,” terang Rektor IAIN Salatiga, Dr H Rahmat Hariyadi M,Pd.

Lebih jauh ia meminta semua pihak untuk mensuskseskan program prioritas tahun 2018. Diantaranya akreditasi institusi perguruan tinggi, proposal alih status menuju UIN Salatiga, pembangunan kampus dari IDB dan talent scouting, pembuatan buku pedoman dan kerjasama dengan para pemangku kepentingan di Salatiga.

Rangkaian acara Dies Natalis dimulai dengan seminar yang menghadirkan Gubenur NTB, pengukuhan guru besar. Kemudian jalan sehat dan aneka lomba tingkat mahasiswa, workshop career centre untuk dosen. Juga diadakan mujahadah civitas akademi dan elemen masyarakat Salatiga.

Sementara dalam acara jalan sehat yang digelar Sabtu (14/3) pagi, seluruh karyawan IAIN bersama keluarga berkumpul bersama dan saling berbaur. Tidak ada batasan jabatan, karena semua merupakan keluarga besar. Semua saling bersenda gurau dan berjalan bersama menyusuri jalur yang disediakan panitia. (sas/ric)