Dokter Andi, bagaimana ya menghadapi suami yang ‘minta jatah’ terus tiap hari? Apakah saya harus minum obat agar bisa mengimbangi suami? Usia saya 33 tahun. Usia suami 38 tahun, kami nikah sudah 9 tahun. Bagaimana sebaiknya dok?

(Ny J di T)

Jawab dr Andi:

Gairah seksual seseorang ditentukan beberapa faktor:

  • Kondisi psikologis, misalnya situasi keadaan hati, emosional, rasa sayang.
  • Kondisi fisik: keadaan umum dan stamina tubuh, bila badan segar akan mudah bergairah.
  • Tingkat hormon seksual: bila tinggi akan mudah terangsang.
  • Sikap yang positif terhadap seksualitas.

Pada suami yang bergairah setiap hari, perlu diperhatikan:

  1. Apakah tiap kali berhubungan, si suami sudah cukup puas. Ini perlu ditanyakan dan diamati. Sebab, bila suami benar-benar puas, mungkin tidak tiap hari mengajak untuk berhubungan. Ditanyakan saja ke suami, apa yang diinginkan agar dia lebih merasa puas dan nyaman. Seringkali sebagai istri tidak tahu secara mendetail apa yang menjadi kepuasan suami. Begitu pula sebaliknya.
  2. Sebaliknya apakah istri juga bisa menikmati kepuasan, itu akan terpancar pada wajah istri, sehingga suami merasa bangga bisa membuat istrinya puas juga. Jadi sebetulnya kedua pihak saling memberi. Bukan saja saling meminta.
  3. Untuk lebih meningkatkan stamina, suami dan istri perlu berolah raga, lebih baik bareng, agar keduanya saling mendukung dan mengingatkan agar jangan malas.
  4. Jangan lupa mencari variasi dan kreativitas dalam bercinta agar istri tidak merasa jenuh. Sebetulnya intinya adalah menikmati kebersamaan. Jangan diangggap sebagai beban.

(www.dokterAndi.com) (*)