Sebanyak 74 Tim Ikuti Kontes Robot Indonesia

190

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Kontes robot Indonesia (KRI) tingkat nasional kembali digelar oleh Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI. Tahun ini perguruan tinggi di Jateng masuk kelompok Regional 3. Selain Jateng, masuk di dalamnya ada dari DI Jogjakarta, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

“Tahun ini kami menjadi tuan rumah, total ada 74 tim robot dari 28 perguruan tinggi yang akan ikut dalam penyisihan tingkat regional,” kata Rektor Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Dr Muhdi, Sabtu (14/4).

Dalam kompetisi tersebut, lanjut dia, akan dibagi empat kategori atau divisi. Di mana di tiap divisinya memiliki tema masing-masing. Seperti Divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) bertemakan Robot Penari Remo,  Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) bertajuk Robot Pemadam Api Berkaki, Divisi Kontes Robot Abu Robocon Indonesia (KRAI) bertajuk Robot Lembar Bola Berkah, dan Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) berupa Sepak Bola Robot Menuju Liga Sepak Bola Robot Tahun 2050.

“Dalam kontes ini kami tidak ingin menjadi penonton, untuk itu kami juga mengirimkan empat robot karya mahasiswa Upgris untuk berkompetisi mulai Senin (16/4) hingga Rabu (18/4) mendatang,” ucapnya. (den/aro)