TEST IVA : Ibu-ibu melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim melalui metode IVA Test dan Sadanis di Puskesmas Lebakbarang, Jumat (13/4) kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TEST IVA : Ibu-ibu melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim melalui metode IVA Test dan Sadanis di Puskesmas Lebakbarang, Jumat (13/4) kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KAJEN-Ratusan ibu muda di Kabupaten Pekalongan melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim melalui metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test dan Sadanis secara gratis, di Puskesmas Lebakbarang, Jumat (13/4) kemarin. Pemeriksaan tersebut dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2018 yang dilaksanakan PKK Kabupaten Pekalongan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dinas PMD P3A PPKB Kabupaten Pekalongan, dan BPJS Kesehatan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan, Hj Munafah Asip Kholbihi, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Kartini yang puncaknya diperingati 21 April mendatang.

“Kami menggelar pemeriksan deteksi dini kanker leher rahim melalui metode IVA Test dan Sadanis secara gratis pada 19 kecamatan di Kabupaten Pekalongan. Ini juga sebagai momentum untuk melakukan perlindungan khusus bagi kaum perempuan dari penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara,” katanya.

Hj Munafah juga mengatakan bahwa kanker serviks dan kanker payudara, merupakan penyakit tertinggi yang menyerang perempuan di Indonesia. Karena itu, pemerintah mengupayakan pencegahan dan pengendalian bersama-sama. “Untuk itu perlu dilakukan deteksi dini kanker leher rahim dan payudara ke seluruh wilayah di Kabupaten Pekalongan. Saya berharap, ibu-ibu yang melakukan pemeriksaan IVA Test ini benar-benar berniat dari dalam hati,” kata Hj.Munafah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, dokter Sutanto, menegaskan bahwa bila dalam pemeriksan deteksi dini kanker leher rahim melalui metode IVA Test dan Sadanis terdeteksi positif, akan segera ditangani dan diobati dengan crayo terapy agar tidak terlambat dalam penanganan.

“Pemeriksan deteksi dini kanker leher rahim melalui metode IVA Test dan Sadanis ini gratis, demi kebaikan para ibu,” tegas Sutanto. (thd/ida)