RADARASEMARANG.COM, SEMARANG – Bank Jateng mengajak masyarakat untuk menyaksikan Kampung Bola pada Sabtu (14/4), karena akan “banjir” hadiah bagi para peserta maupun penonton, selain akan ada artis sepak bola nasional.

“Kampung Bola akan dilaksanakan di Stadion Citarum yang diisi dengan banyak kegiatan mulai dari turnamen, entertain, dan fun,” kata Direktur Utama Bank Jateng Supriyanto.

Sedikitnya 20 tim akan bertanding dalam turnamen yang digelar oleh Bank Jateng dalam rangkaian perayaan HUT ke 55, Sabtu (14/4). Kegiatan ini akan berlangsung di Stadion Citarum, Semarang. Ke 20 tim tersebut dibagi dalam dua kategori yaitu U-12 dan Fansclub.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno menjelaskan kegiatan yang bertajuk Kampung Bola ini, akan diramaikan pula dengan adanya Fun Games dan Hiburan lainnya. Menurutnya, ini akan menjadi perhelatan besar yang melibatkan seluruh masyarakat Kota Semarang.

“Khususnya para pemain Sepakbola yang tergabung dalam Sekolah Sepak Bola (SSB), karena kami juga menggandeng Asosiasi Sepak Bola Kota Semarang (Askot),” ungkapnya ditemui di kantor pusat Bank Jateng, Jalan Pemuda, Semarang, Rabu (12/4).

Kampung Bola ini, sambungnya, merupakan bentuk dukungan dari Bank Jateng terhadap cabang Olahraga sepak bola, khususnya di Semarang. Mengingat, saat ini telah banyak berlangsung liga dan turnamen serupa di Indonesia.

Turnamen sepak bola ini nantinya akan menggunakan konsep Three in One, dalam artian, setiap pertandingan akan berlangsung 2 x 10 menit. Turnamen sepakbola kategori U-12 akan diikuti sebanyak 16 tim SSB se Kota Semarang dan akan memperebutkan juara 1 sampai 3 dengan hadiah total sedikitnya Rp 10 juta.

Yang akan memperebutkan juara 1 (hadiah Rp 5 juta), juara 2 (hadiah Rp 3,5 juta), dan juara 3 (hadiah Rp 2,5 juta). Peserta turnamen berasal dari sekolah sepak bola (SSB) yang telah diseleksi oleh Bank Jateng bersama Asosiasi Sepak Bola  Kota Semarang yang menjadi mitra dalam pelaksanaan Kampung Bola 2018.

“Untuk empat fansclub tidak ada penentuan juara, sifatnya Exhibition Games. Untuk ikut meramaikan gelaran ini. Selain itu masih ada 19 tim lain yang akan mengikuti Fun Games,” terangnya.

Fun Games yang dimaksud antara lain adalah Jugling tendangan pinalti dan masih banyak lagi. Tak sampai disitu, Bank Jateng juga telah menyiapkan hadiah untuk supporter yang juga akan dipertandingkan untuk menentukan yang terbaik. “Tentunya melalui persyaratan, minimal 20 orang. Kurang dari itu tidak bisa dikatakan ikut lomba, karena akan kita verifikasi juga dilapangan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Supriyatno juga mengundang kepada seluruh masyarakat kota Semarang untuk hadir dalam acara tersebut. Masyarakat tidak perlu khawatir karena acara ini tidak dipungut biaya alias gratis. Menariknya, meski digratiskan, bank Jateng telah menyediakan bagian ticketing untuk pengundian doorprize.

“Gratis tetapi ticketing ya, tiketnya itu untuk pengundian doorprize. Hadiah yang disediakan antara lain, 50 tas sekolah, 5 unit sepeda gunung dan satu unit sepeda motor. Jadi bisa dibilang ini memeriahkan perhelatan sepakbola yang ada,” katanya.

Kemudian, berkaitan dengan hiburan atau entertain Bank Jateng juga secara khusus akan mengundang pemain sekaligus pelatih sepakbola nasional yakni Bima Sakti dan Elie Aiboy. Keduanya, selain akan menyapa masyarakat juga akan memberikan Coaching Clinic bagi peserta usai turnamen.
Supriyatno menegaskan, dalam gelaran Kampung Bola ini nantinya akan banjir hadiah. Sebab, selain doorprize bagi masyarakat dan hadiah untuk fun games, nantinya untuk seluruh peserta sepakbola sebanyak 39 tim akan mendapat bantuan uang transportasi sebesar Rp 500ribu.

Tak sampai disitu, Bank Jateng juga menyiapkan apresiasi kepada 16 tim dari SSB akan mendapatkan bantuan bola sebanyak tiga buah dan uang pembinaan masing-masingnya Rp 1.250.000. Dalam arti, selain mendapatkan hadiah sebesar Rp 5 juta, pemenang juara satu juga akan mendapat tambahan sebesar Rp 1.250.000.

“Itu belum habis, nanti juga akan dipilih best tim fair play dan top scorer untuk perorangan, jadi satu tim jika dia juara 1 dan dapat best tim fair play akan membawa pulang lebih dari Rp 7 juta,” terangnya.

Supriyatno berharap dengan digelarnya kegiatan Kampung Bola ini per-sepakbolaan Indonesia khususnya di Kota Semarang, bisa tumbuh dan terdorong. Nantinya, jika gelaran Kampung Bola ini mendapat tanggapan positif, bank Jateng berencana akan menggelarnya sebagai kompetisi tahunan. “Intinya ini wujud dukungan kami terhadap olahraga sepakbola di Indonesia khususnya di Semarang sendiri,” tandasnya. (tsa/ric)