Sukses Misi Ganda Sebagai Bank Daerah dan Penggerak Ekonomi Mikro

PD BPR Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang

257
TIM SOLID : Jajaran manajemen Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang.
TIM SOLID : Jajaran manajemen Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang.

PD BPR Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang masih menjadi salah satu Bank BPR terbaik se Indonesia. Tidak hanya terus tumbuh dan berkembang menjadi bank yang berdaya saing, PD BPR Bank Bapas juga terus melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

RADARSEMARANG.COM – DIRUT PD BPR Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang Fran Suharmadji, SE, MM menuturkan Bank Bapas terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas perbankan. Di sisi lain, sebagai bank milik pemerintah daerah, pihaknya juga memiliki komitmen kuat untuk ikut serta dalam menumbuhkan perekonomian daerah. “Kita menjalankan misi ganda, ya sebagai bank pemerintah daerah ya juga sebagai penggerak ekonomi masyarakat,” papar dia.

Fran Suharmaji, SE, MM
Fran Suharmaji, SE, MM

Secara detail, Bank Bapas memiliki program khusus untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Bank Bapas memiliki ribuan pelaku UKM yang terus didampingi baik dari segi permodalan hingga pemasaran. “Secara berkala kita juga berikan pendampingan dan pelatihan,” ujarnya.

Bank Bapas, lanjut dia, memberikan kemudahan akses modal bagi para pelaku UKM di Kabupaten Magelang. Tentunya dengan bunga yang sangat rendah 0,5 persen.

Fran bermimpi, kehadiran Bank Bapas 69 akan semakin banyak membantu roda perekonomian skala mikro di Kabupaten Magelang. Selain itu, diharapkan akan semakin banyak lahir pengusaha-pengusaha muda yang bakal menyokong perekonomian.

Berkat program dan kerja keras yang dilakukan oleh PD BPR Bank Bapas dalam membangun perekonomian masyarakat, majalah Business News Indonesia dan lembaga Asia Business Research Center memberikan penghargaan Bank Bapas sebagai bank yang memiliki program UMKM terbaik di Indonesia.

Selain itu, PD BPR Bank Bapas juga mendapatkan penghargaan dari berbagai lembaga. Seperti peringkat pertama Indonesia CSR Award (majalah Economic Review), Indonesia Best BPR Award 2017 (majalah Warta Ekonomi).

Kemudian di ajang BUMD Award mendapat 4 kategori penghargaan. Yakni Top Pembina BUMD 2017, Top BUMD 2017, Top BPR 2017, Top CEO BUMD 2017. Pemenang Digital Branss Award 2017 dalam ajang Infobank Digital Brands Award. Pioner tabungan simpanan pelajar 2017 dalam Anugerah Jawa Pos Radar Kedu 2017.

Ajang Anugerah BPR Indonesia 2017 dari majalah Economic Review mendapatkan 3 kategori penghargaan. Yakni Pembina BPR Terbaik Indonesia 2017, The Best CEO BPR Indonesia 2017, The Best BPR Indonesia 2017. Di ajang Infobank BPR Award 2017 mendapatkan penghargaan sebagai BPR dengan predikat kinerja “Sangat Bagus“. Dalam ajang yang sama juga meraih “Golden Award” untuk kategori kinerja keuangan “Sangat Bagus” selama 5 tahun berturut turut. (adv)

Setoran PAD Capai Rp 13,11 Miliar

BUKTI PD BPR Bank Bapas 69 terus tumbuh dan berkembang adalah dengan terus meningkatnya laba dan perkembangan perusahaan. Terbaru bank milik Pemkab Magelang itu menyetorkan pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp 13,11 miliar.

Jumlah itu, naik dari tahun-tahun sebelumnya. Direktur PD BPR Bank Bapas 69 Fran Suharmaji, SE, MM mengatakan jumlah setoran PAD dalam beberapa tahun terakhir merupakan yang paling besar dibandingkan dengan BPR milik pemerintah daerah yang lain di seluruh Indonesia.

Dia menyebutkan jumlah modal disetor komulatif, sejak berdiri pada 1969 hingga akhir Desember 2017 telah mencapai Rp 44,775 miliar. “Hal ini membuktikan bahwa perhatian dari Pemerintah Kabupaten Magelang selaku pemilik Bank Bapas 69 begitu besar,” katanya.

Hingga saat ini, Bank Bapas 69 telah memiliki 21 kantor kas, empat kantor cabang dan satu kantor pusat, serta didukung 177 karyawan. Saat ini, Bank Bapas 69 telah hadir di 21 kecamatan di Kabupaten Magelang. (adv)