PANTAU: Kepala BP2MK Wilayah I, Semarang, Bagus Surjanto didampingi Kasie Kesiswaan SMA Bidang Pembinaan SMA, Sugeng Alal, saat menjau UNBK di sejumlah sekolah di Salatiga, kemarin. (IST)
PANTAU: Kepala BP2MK Wilayah I, Semarang, Bagus Surjanto didampingi Kasie Kesiswaan SMA Bidang Pembinaan SMA, Sugeng Alal, saat menjau UNBK di sejumlah sekolah di Salatiga, kemarin. (IST)

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng melakukan tinjauan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/MA dan SMALB, di sejumlah sekolah di Kota Salatiga, Selasa (10/4).

Tinjauan dipimpin Kepala BP2MK Wilayah I Semarang, Drs Bagus Surjanto, M.Pd, didampingi Kepala Seksi Kesiswaan SMA Bidang Pembinaan SMA, Drs Sugeng Alal, dan sejumlah kepala sekolah SMA/MA di Salatiga.

“Hari kedua UNBK dengan mata pelajaran matematika, di sejumlah sekolah di Salatiga, ini sudah sesuai harapan. Lancar. Tidak ada kendala, baik masalah komputer maupun jaringan internetnya,” kata Bagus Surjanto, disela meninjau SMA N 2 Salatiga.

Menurut Bagus, ada 10 sekolah yang mengikuti UNBK dengan jumlah peserta 1.758 siswa, antara lain SMA N 1 sebanyak 307 siswa, SMA n 2 sebanyak 311 siswa, SMA N 3 sebanyak 330 siswa, Madrasah Aliyah Negeri 420 siswa, SMA Kristen 1 sebanyak 167 siswa, SMA Kristen 2 sebanyak 16 siswa, SMA Kristen Satya Wacana sebanyak 143 siswa, SMA Theresiana sebanyak 11 siswa, SMA Muhammadiyah Plus 46 siswa dan SPK Maountain View 7 siswa.

Ratna Rosenna, peserta UNBK dari SMA N 2 Salatiga saat ditemui mengatakan agak sulit mengerjakan soal-soal mata pelajaran matematika, terutama untuk jenis soal Trigonometeri dan jenis soal peluang. Menurutnya, dari 40 soal matematika, hanya 26 soal yang dapat dipastikan kebenarannya. Sedangkan sarpras seperti komputer dan internet tidak ada masalah. “Internetnya lancar, tidak ada masalah, mudah untuk di download, “ tandasnya. (sas/zal)