Layang-Layang Penuh Harmoni

688
HARMONI- Ribuan anak TK dan orang tua menghias layang layang di Alun-alun Wonosobo, Sabtu (7/4). (SUMALI IBNU CHAMID/ JAWA POS RADAR KEDU)
HARMONI- Ribuan anak TK dan orang tua menghias layang layang di Alun-alun Wonosobo, Sabtu (7/4). (SUMALI IBNU CHAMID/ JAWA POS RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, WONOSOBO – Lebih dari 2.000 anak dan orang tua dari Taman Kanak-Kanak (TK) se-Kabupaten Wonosobo, akhir pekan (7/4) lalu menggelar Festival Layang-Layang. Acara yang dihelat di Alun-Alun Wonosobo ini mengusung tema hidup dalam kebersamaan. Acara ini, diprakarsai oleh Sanggar Embun bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ketua Panitia Jati Waluyo mengatakan, Festival menghias layang layang ini bagian dari memberikan perkenalan kepada anak tentang budaya dan seni membuat dan merias layang layang. Karena seni ini, bagian dari seni luhur yang sudah diperkenalkan oleh generasi sebelumnya. Selain menghias layang-layang, juga digelar lomba tari bagi siswa TK.

“Jangan sampai anak anak zaman now tidak tahu cara membuat dan menghias layangan,” katanya.

Hasil dari lomba ini, kata dia, selain dipamerkan juga akan dipilih juara dan mendapatkan hadiah. Harapannya event serupa bisa berlangsung kembali pada tahun mendatang. Karena seni merupakan bagian dari pembentukan pendidikan karakter. “Tema besar dalam menghias layang layang tentang kebersamaan dan hidup harmoni. Ini juga bagian dari memberikan bekal pendidikan karakter lewat seni,” ujarnya. (ali/ton)