29 Penderita Sumbing Bibir Dioperasi Gratis

272
USIA BALITA-Sebagian besar pasien program Operasi Sumbing Bibir dan Langit-Langit masih berusia balita. (IST)
USIA BALITA-Sebagian besar pasien program Operasi Sumbing Bibir dan Langit-Langit masih berusia balita. (IST)

RADARSEMARANG.COM, KUDUS-Bantuan program Sumbangsih Sosial Djarum Foundation melayani 29 pasien penderita sumbing bibir dan langit-langit secara cuma-cuma. Kegiatan bersama Yayasan Permata Sari ini dilakukan di RS Aisyiyah Kudus, Sabtu (7/4).

Menurut Ketua Yayasan Permata Sari Ir Endang Sri Sarastri, pelaksanaan bakti sosial ini ketiga kali diselenggarakan. Tahun lalu, program ini dua kali berlangsung di tempat yang sama. “Kegiatan ketiga ini ada 40 pendaftar. Setelah seleksi, ada 29 penderita yang lolos screening dan dipastikan untuk dioperasi. Sebagian besar merupakan pasien balita. Mereka yang belum lolos seleksi, rata-rata karena kondisinya tidak sesuai. Seperti jantung lemah, berat badannya kurang mencukupi,” paparnya di awal kegiatan.

Perwakilan Manager Djarum Foundation, Purwono Nugroho, menyampaikan, aktivitas bakti sosial seperti ini untuk membantu masyarakat kurang mampu, terutama dalam bidang kesehatan. Dalam hal ini, bagi penderita sumbing bibir dan langit-langit.

“Kami telah bekerja sama beberapa kali dengan Yayasan Permata Sari melakukan operasi penyempurnaan sumbing bibir dan langit-langit. Setelah operasi bentuk fisik penderita sumbing akan sama dengan yang normal. Pada akhirnya menumbuhkan kepercayaan diri bagi mantan penderitanya,” ungkap Purwono.

Direktur RS Aisyiyah dr H Hilal Ariadi MKes menambahkan, pasien operasi bukan saja asal Kudus. Melainkan juga dari luar daerah, seperti Magelang dan Temanggung. Kondisi sumbing bibir dan langit-langit ini, salah satunya dikarenakan rendahnya tingkat gizi ibu yang mengandung. “Peserta yang belum lolos screening dapat kembali mendaftar pada kegiatan yang akan datang. Rencananya operasi gratis ini akan kembali digelar tahun ini pada periode semester kedua,” imbuhnya. (fiq/ton)