Satlantas Blusukan ke Pasar

Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas

417
BLUSUKAN KE PASAR : Satlantas Polres Magelang Kota menyosialisasikan tertib berlalu lintas ke Pasar Rejowinangun Jumat (6/4). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
BLUSUKAN KE PASAR : Satlantas Polres Magelang Kota menyosialisasikan tertib berlalu lintas ke Pasar Rejowinangun Jumat (6/4). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Berbagai upaya dilakukan Satuan Lalu Lintas Polres Magelang Kota dalam mengkampanyekan tertib berlalu lintas kepada masyarakat.

Jumat (6/4) kemarin Satlantas Polres Magelang Kota blusukan ke Pasar Rejowinangun untuk kampanye tertib lalu lintas dan membagikan hadiah kepada para pengunjung pasar.

Kasatlantas AKP Marwanto di sela-sela kegiatan mengatakan, blusukan ke pasar tradisional sengaja dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi antara kepolisian dengan para pedagang maupun pembeli di Pasar Rejowinangun. Dengan adanya sosialisasi tersebut, diharapkan kesadaran warga pasar dalam ketertiban berlalu lintas semakin tinggi.

”Kita beri pemahaman sederhana soal ketertiban berlalu lintas. Semisal kelengkapan kendaraan, memakai helm, parkir di tempat yang sesuai, juga jangan melakukan pelanggaran. Karena sebagian besar kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh pelanggaran, meski sepele sekalipun,” kata Marwanto.

Selain menebar pamflet serta imbauan keamanan dan ketertiban berlalu lintas, petugas juga memberikan suvenir berupa helm, jaket, payung, mug, jam dinding, dan hadiah tabungan Rp 25.000 kepada para pedagang maupun pembeli yang kebetulan melintas.

Rencananya blusukan akan dirutinkan selama sepekan sekali. Tidak hanya di kawasan pasar tradisional, tetapi juga ke wilayah perkampungan warga.

Sementara, Kasubag Humas Polres Magelang Kota AKP Esti Wardiani mengungkapkan, blusukan Satlantas juga dimanfaatkan satuan lain untuk sama-sama menciptakan situasi yang kondusif.

”Kami mendatangi para pedagang yang ada di pasar untuk lebih waspada dan saling menjaga ketertiban,” pungkas Esti. (had/lis)