Menulis Teks Prosedur  dengan ATM Mandiri

297
Oleh: Dewi Ratih Hapsari  SPd  MPd
Oleh: Dewi Ratih Hapsari  SPd  MPd

RADARSEMARANG.COM – KETERAMPILAN menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai peserta didik. Akan tetapi, dalam pembelajaran  menulis selalu saja peserta didik mengalami kendala. Peserta didik kesulitan menuangkan ide dan gagasan karena kurangnya penguasaan kebahasaan serta minimnya penguasaan teknik keterampilan menulis. Dengan minimnya penguasaan  teknik keterampilan  menulis, pembelajaran menulis menjadi kegiatan yang membosankan dan menjemukan.

Untuk mengantisipasi pembelajaran yang membosankan, guru dapat menerapkan pembelajaraan yang kooperatif.  Penerapan pembelejaran yang kooperatif dalam materi menulis teks prosedur dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan karena dalam pembelajaran kooperatif setiap anggota kelompok memiliki kesempatan yang sama untuk mengeluarkan ide, gagasan dan sumbang saran. Sehingga setiap anggota kelompok memiliki kesempatan sama untuk berhasil.

Dalam pembelajaran menulis teks prosedur, guru dapat menerapkan model pembelajaran ATM Mandiri karena model pembelajaran tersebut bermuara pada ciri-ciri pembelajaran kooperatif. Pemilihan model ATM Mandiri pada materi menulis teks prosedur memberi kemudahan peserta didik dalam menulis teks prosedur. Selain itu mereka mendapat pengalaman belajar yang menyenangkan karena pembelajaran berbasis internet.

Model pembelajaran ATM Mandiri pada menulis teks prosedur merupakan serangkaian kegiatan meliputi  Amati, Tiru, Modifikasi, Menceritakan, dan Demonstrasikan. Model pembelajaran ATM Mandiri pada prinsipnya adalah model pembelajaran yang sering dilakukan oleh guru. Hanya saja pada model pembelajaran ATM Mandiri memiliki keunggulan karena berbasis internet guna mendukung pembelajaran digital.

Pemanfaatan internet sebagai salah satu sumber belajar pada materi menulis teks prosedur karena di era digital saat ini berbagai informasi dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Dengan memanfaatan media pembelajaran dari internet maka pembelajaran menarik dan atraktif akan terwujud. Dengan terwujudnya pembelajaran yang menarik maka secara tidak langsung pembelajaran menulis teks prosedur akan semakin mudah diserap oleh peserta didik.

Penggunaan internet pada materi menulis teks prosedur dilakukan pada langkah, amati. Pada langkah iniguru menyiapkan materi video tutorial dari Youtube. Pada prinsipnya, video tutorial dengan teks prosedur adalah dua hal yang mengandung kemiripan materi. Video tutorial  adalah teks prosedur yang dilakukan secara langsung tanpa teks tertulis. Dengan demikian pemilihan materi video tutorial akan menguatkan konsep  menulis teks prosedur.

Materi tutorial yang dapat diunduh dari Youtube sebagai sumber belajar salah satunya adalah tutorial membuat terarium, bunga dari limbah plastik, boneka dari kain perca, mozaik dari bungkus makanan ringan, dan lain-lain. Pemilihan materi yang diunduh dari Youtube berdasar pada latar belakang psikologis peserta didik, lingkungan sekolah peserta didik, dan ketersedian sarana dan prasarana di sekolah.

Unduhan dari Youtube tersebut diamati peserta didik secara berkelompok. Pada kegiatan ini peserta didik berdiskusi untuk mengubah video tutorial menjadi  teks prosedur berdasar hasil pengamatan. Hasil diskusi peserta didik disimpulkan dalam bentuk teks prosedur. Kontribusi dan kejelian tiap anggota dalam mengubahinformasi lisan dari video tutorial menjadi teks prosedur menentukan kelengkapan isi teks prosedur.

Guna mendukung empat keterampilan berbahasa, hasil diskusi peserta didik dalam wujud teks prosedur disampaikan secara lisan di depan forum. Akan terjadi diskusi dan sumbang saran jika salah satu langkah dalam video tutorial yang telah diamati ada yang terlewati. Pada tahap ini anggota kelompok yang mendapat sumbang saran untuk memperbaiki teks tersebut,  sehingga akan menghasilkan teks prosedur yang selaras dengan video tutorial. (tj3/2/aro)

Guru SMP Negeri 3 Semarang