RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Sebanyak 1.381 siswa dari 12 Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat baik negeri maupun swasta se-Kota Magelang, siap mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK)  yang dilaksanakan  Senin-Kamis (9-12/4).

Untuk itu, Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Wilayah IV Jawa Tengah meminta seluruh sekolah untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar UNBK berjalan lancar.

“Kami sudah melakukan berbagai persiapan sejak lama. Masing-masing sekolah sudah kami pantau dan telah menyatakan kesiapannya menghadapi UNBK,” kata  Ketua Panitia UNBK Tingkat SMA/SMK BP2MK Wilayah IV Jawa Tengah, Prihestu Hartomo, Jumat (6/4) kemarin.

Prihestu mengatakan, peserta 1.381 siswa tersebut akan mengikuti UNBK Senin (9/4) hingga Kamis (12/4) dengan tiga mata pelajaran wajib, dan satu pilihan sesuai jurusan.

“Ujian akan dilakukan per sesi, di 29 ruangan yang ada di 12 sekolah pelaksana ujian. Ujian akan dilakukan secara online, soal dikirim melalui komputer masing-masing siswa,” beber Prihestu.

Dia menuturkan, saat ini panitia pelaksana UNBK di Kota Magelang sudah menyiapkan perangkat, jaringan internet, ruangan, petugas, dan hal teknis lainnya termasuk ketersediaan listrik selama ujian.

Untuk mengantisipasi listrik padam selama pelaksanaan UNBK, pihaknya telah berkoordinasi dengan PLN distribusi Jawa Tengah. Diharapkan selama ujian berlangsung tidak ada gangguan atau pemeliharaan listrik yang bisa mengganggu ujian.

Meski demikian, pihaknya telah meminta sekolah agar menyiapkan genset untuk daya cadangan jika sewaktu-waktu terjadi listrik padam. “Kami sudah koordinasi dengan PLN, untuk memastikan jaringan listrik tidak terganggu selama ujian berlangsung. Sekolah pun kami minta untuk siapkan genset minimal satu untuk antisipasi saja,” jelas Prihestu. (had/lis)