Penjualan Elektronik Premium Meningkat

1764
PILIH PREMIUM : Seorang konsumen sedang memilih lemari es merek Sharp dengan teknologi J-Tech. (ISTIMEWA)
PILIH PREMIUM : Seorang konsumen sedang memilih lemari es merek Sharp dengan teknologi J-Tech. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Permintaan produk elektronik pada kartal II tahun 2018, khususnya produk high end, tidak terpengaruh kondisi ekonomi yang sedang menurun. Justru penjualan produk premium mengalami peningkatan yang signifikan.

Menurut Managing Director Superstore Global Elektronik, Gouw Andy Siswanto, kondisi ekonomi saat ini agak berat. Menghadapi kondisi ini, inovasi harus dilakukan, misalnya dengan menggelar pameran.

“Inovasi ini penting, mengingat Jawa Tengah sebentar lagi akan menggelar pesta demokrasi untuk pemilihan gubernur. Kami berharap, perdagangan akan tetap bergairah, khususnya untuk produk premium,” jelas Andy di sela-sela pameran kemarin.

Diakui Andy, dengan kondisi ekonomi yang masih berat, pembelian kredit  mengalami peningkatan hingga 12 persen. Selain itu, membeli secara kredit kini jauh lebih mudah dan harga lebih terjangkau.

“Banyak perbankan maupun lembaga finance menggelar program cicilan ringan. Bahkan perbankan memberikan banyak benefit, bagi para membeli barang dengan kredit. Misalnya transaksi dengan kartu kredit dengan Bank Mandiri, konsumen akan mendapatkan kupon undian dengan hadiah sepeda motor, HP dan produk elektronik lainnya,” tambah Andy.

Sementara itu, untuk produk menengah ke bawah, mengalami penurunan yang cukup signifikan. Menghadapi bulan puasa, Global elektronik optimistis penjualan elektronik akan mengalami peningkatan, khususnya untuk peralatan dapur. Guna memenuhi permintaan konsumen menjelang bulan Ramadan, stok barang dilipatkan gandakan menjadi 2 kali lipat. (tya/ida)