UNBK Terkendala, Komputer Tak Menyala

352

RADARSEMARANG.COM, KENDAL—Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK 2 Kendal tersendat. Gara-garanya ada beberapa komputer peserta UNBK tidak menyala. Akibatnya pelaksanaan ujian sempat tertunda beberapa menit.

Bersyukur, masalah tersebut segera bisa diatasi setelah pihak sekolah menyiapkan komputer cadangan di tiap ruangan. Setiap ruang, pihak sekolah menyediakan 10 persen komputer cadangan dari jumlah komputer peserta.

Tidak hanya komputer cadangan, pihak sekolah juga telah menyiapkan generator set (Genset) untuk mengantisipasi pemadaman listrik dari PLN. Genset ini juga langsung terhubung dengan komputer server yang selalu menyala, sehingga meski ada pemadaman listrik server tetap menyala.

“Begitu listrik mati dan dinyalakan kembali, maka tidak akan mengganggu pelaksanaan ujian. Dalam arti ketika listrik mati begitu dinyalakan tidak akan membuat soal yang telah dikerjakan hilang,” kata Kepala SMK 2 Kendal, Maryono.

Diakuinya, jika hari kedua pelaksanaan UNBK pihak sekolah sudah mempersiapkan antisipasi. Jika terjadi hal serupa di hari pertama. Genset yang disiapkan berkapasitas 30 ribu KVA. Meski kecil, namun cukup untuk mengaliri listrik di ruang komputer jika terjadi pemadaman.

“Dengan genset berkapasitas 30 ribu KVA sudah mampu menghidupkan komputer peserta dan server jika ada pemadaman listrik. Untuk mengantisipasi genset yang bermasalah, kami juga sudah menyiapkan laptop,” katanya.

Sementara itu, salah satu peserta UNBK, Dewi Fitri Laela Sari mengatakan bahwa hari pertama sempat ada kendala salah satu komputer peserta mati. “Namun pengawas menggantinya dengan komputer lain. Sedangkan untuk soal, tidak ada kendala karena semua bisa di-download tanpa ada kendala. Semua soal bisa saya kerjakan. Bisa selesai tepat waktu,” ujarnya sambil belajar menunggu ujian sesi kedua.

Jumlah peserta UNBK di SMKN 2 Kendal ada 442 siswa yang dibagi menjadi tiga sesi. Sekolah menyiapkan lima ruangan komputer dengan jumlah komputer tiap ruangan 30 unit ditambah 3 cadangan. Pelaksanaan UNBK untuk jenjang SMK dilaksanakan pada 2-5 April 2018 sementara untuk SMA dan MA akan dilaksanakan pada 17-18 April 2018. (bud/ida)