Kantor Imigrasi Magelang Mulai Beroperasi

1736

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID—Kantor Imigrasi di Kabupaten Magelang, Selasa (3/4) kemarin, resmi dioperasionalkan. Hal itu tidak disia-siakan Plt Sekda Kabupaten Magelang, Eko Triyono, untuk memperpanjang paspor miliknya.

“Ternyata perpanjangan paspor  sangat mudah. Hanya membawa paspor lama dan KTP, langsung diverifikasi oleh petugas dan dilakukan perekaman sekaligus foto. Hanya butuh waktu 10 menit,” kata Eko, yang menjadi pemohon pertama di Kantor Imigrasi Kabupaten Magelang.

Pelayanan seperti itu, kata Eko, selama ini dinanti. “Kalau kemarin kan masyarakat harus antre, kalau tidak di kantor imigrasi Wonosobo ya di Jogja. Sekarang  sudah ada kantor imigrasi di Magelang,” terang Eko.

Dengan adanya Kantor Imigrasi di Kabupaten Magelang, maka semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Magelang. Sekaligus, memudahkan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) untuk  bekerja maksimal.

Direktur Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM, Ronny F Sompie mengatakan, jumlah kantor imigrasi yang ada di Indonesia saat ini masih belum sebanding dengan jumlah kantor kabupaten/kota. Sejauh ini, di Indonesia baru ada 125 kantor unit kerja imigrasi yang melayani 500 kota/kabupaten. “Kabupaten Magelang merupakan satu diantara 6 kabupaten yang bekerjasama membangun kantor unit kerja keimigrasian. Sebelum ini, kami juga meresmikan di Gunung Sitoli Pulau Nias, Muara Bungo, Musirawas, Bojonegoro, dan lainnya,” terang Ronny.

Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Ibnu Chuldun menambahkan, dari sejumlah kantor unit kerja yang ada di Jawa Tengah, Magelang dirasa paling ideal. “Di Magelang ini pemerintah daerah sudah menyiapkan kantor, sarpras, pegawai, hingga kantor dinas,” jelasnya.

Pelaksana Jabatan (Pj) Bupati Magelang Tavip Supriyanto menyambut baik keberadaan kantor ini yang akan semakin mendekatkan layanan keimigrasian kepada masyarakat. Pihaknya telah menyiapkan sejumlah pegawai untuk diperbantukan di kantor unit kerja keimigrasian. “Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah siap, dan akan segera ditempatkan di sini,” kata Tavip. (vie/isk)