Teksas 234 Menangi Salatiga Drumblek Fest

711
MERIAH: Festival Drumblek yang digelar di Halaman Kampus 3 IAIN Salatiga kemarin berlangsung meriah dan menghibur. (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MERIAH: Festival Drumblek yang digelar di Halaman Kampus 3 IAIN Salatiga kemarin berlangsung meriah dan menghibur. (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Sebanyak 15 grup Drumblek asal Salatiga meramaikan Salatiga Drumblek Fest  Tahun 2018. Lomba yang dilaksanaan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga tersebut digelar di Halaman Kampus 3 IAIN Salatiga.

Tampil sebagai juara adalah Teksas 234, diikuti Gadalisa di peringkat kedua dan Artesa di peringkat ketiga, dan juara harapan pertama diraih Regals Tunggal, juara harapan kedua N’KDRT, dan Amigo ketiga. Festival Drumblek dalam acara Salatiga Drumblek Festival 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Salatiga yang bekerja sama dengan Paguyuban Drumblek Salatiga (PDS) dan IAIN Salatiga.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Joko Haryono menjelakan bahwa festival drumblek dilaksanakan dengan tujuan untuk  memotivasi masyarakat untuk melestarikan kesenian khas Salatiga. “Dengan kegiatan ini kami juga mensosialisasikan kerja dinas ke depan. Semoga dengan event rutin ini nantinya akan mengerakkan kreatifitas para pemuda dalam bersenibudaya. Selain itu juga menggerakkan roda ekonomi utama dengan kegiatan pendamping berupa bazar UMKM,” terang Joko Haryono.

Peserta 15 grup drumblek tersebut adalah Blekmaftik, Gadalisa, Amigo, The Dragon, Red 74, N’KDRT, Horse Wheel, Abiyoso, Peace, Regals Tunggal, KDR N Tri, Tutik Percussions, Teksas 234, Kaliber dan Artesa. (sas/bas)