Sido Muncul Perlihatkan Proses Produksi Jamu

734
HIJAUKAN PABRIK : Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menanam bibit pohon di sela mendampingi kunjungan kerja Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (Badan POM RI). (Istimewa)
HIJAUKAN PABRIK : Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menanam bibit pohon di sela mendampingi kunjungan kerja Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (Badan POM RI). (Istimewa)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (Badan POM RI) melakukan kunjungan kerja ke pabrik PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk di Semarang, Senin (2/4). Kunjungan Kepala Badan POM RI Penny K. Lukito, bersama rombongan disambut langsung oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat.

Seluruh rombongan Badan POM diajak mengelilingi pabrik Sido Muncul. Mulai dari Pabrik Bahan Baku Semarang Herbal Indoplant (SHI), Pabrik COD (Produksi Tolak Angin), Laboratorium RnD – QC, Pabrik Kuku Bima Energi, dan berakhir di Agrowisata Sido Muncul.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan, pada kunjungan kerja Badan POM ini, pihaknya memperlihatkan bagaimana proses produksi jamu yang dilakukan di pabrik tersebut. “Produk kami dibuat dari bahan-bahan alami dan dikelola secara modern serta higienis, sehingga akan menghasilkan jamu yang berkualitas dan terstandar,” ujarnya.

Kepala Badan POM RI Penny K. Lukito berharap, obat tradisional bukan hanya menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia. Harus ada dukungan yang lebih intensif secara lintas sektor. Baik dari pemerintah, akademia, pelaku usaha, dan para peneliti, sehingga bisa bersama-sama membesarkan obat tradisional jamu. “Jamu juga bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan dapat menjadi alternatif pengobatan,” ujarnya.

Ke depan, Badan POM berupaya lebih memperhatikan jaminan, keamanan, serta khasiat dari produk jamu. Bagaimana jamu bisa terstandarisasi, tervalidasi, dengan uji klinis yang terjamin baik dari aspek keamanan maupun khasiatnya. (dna/ric)