DIALOG GAYENG : Ketua Paguyuban Demak Bintoro Nusantara, Fathan Subchi (kanan) dalam dialog dengan Bupati Demak HM Natsir dan Ketua DPRD Nurul Muttaqin, Sabtu malam (31/3). Tampak hadir Ketua Dewan Pembina Mayjen TNI Hartomo, HM Najib, dan Ketua PCNU Demak KH Aminudin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DIALOG GAYENG : Ketua Paguyuban Demak Bintoro Nusantara, Fathan Subchi (kanan) dalam dialog dengan Bupati Demak HM Natsir dan Ketua DPRD Nurul Muttaqin, Sabtu malam (31/3). Tampak hadir Ketua Dewan Pembina Mayjen TNI Hartomo, HM Najib, dan Ketua PCNU Demak KH Aminudin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Warga Demak di perantauan yang tergabung dalam Paguyuban Demak Bintoro Nusantara (Guyub Demi Nusa), Minggu (1/4) kemarin, melakukan aksi bakti sosial. Kegiatan yang digelar para orang sukses di Jakarta, Batam dan daerah lainnya ini, dipusatkan di lokasi bekas banjir, yakni di Desa Sayung dan Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung.

Di dua lokasi itu, disalurkan sebanyak 2.500 bingkisan sembako. Selain itu, bakti sosial juga dilakukan di Desa Moro, Kecamatan Bonang dengan 500 bingkisan sembako. Aksi solidaritas dan kepedulian untuk sesama warga Demak dari perantauan ini menggandeng pihak perbankan BUMN, yaitu Bank BNI 46. Bantuan lain adalah berupa padasisasi jalan yang terdampak banjir di Desa Sayung. Rangkaian kegiatan lain kunjungan ke pengasapan ikan di Desa Wonosari, Kecamatan Bonang dan UMKM di Kelurahan Kadilangu, Kecamatan Demak Kota.

Ketua DPP Paguyuban Demak Bintoro, Drs H Fathan Subchi mengatakan bahwa ribuan paket sembako yang didistribusikan bersama BNI ini sebagai wujud kepedulian Guyub Demi Nusa terhadap warga korban banjir dan rob. “Ini tindakan nyata dalam melaksanakan program paguyuban,” kata anggota DPR RI dari Fraksi PKB dapil 2 Jateng (Demak, Kudus dan Jepara) ini.

Bakti sosial warga Demak diperantuan ini juga dihadiri Ketua Dewan Pembina Paguyuban Mayjen TNI Hartomo, Ketua Dewan Penasehat Paguyuban, Catur Budi Harto yang juga Direktur BNI 46. Tampak pula Direktur PT PPILN Edi Sayudi yang juga bendahara paguyuban.

Sekretaris Guyub Demi Nusa, Muh Hariri menambahkan, selain kegiatan sosial, pihaknya juga memberikan sumbangsih pemikiran mendorong kemajuan pembangunan di Demak. “Potensi Demak luar biasa dan perlu didukung semua komponen masyarakat, termasuk warga Demak yang sukses di Jakarta dan daerah lainnya. Meski kita sukses di Jakarta, tetap membantu menyelesaikan berbagai persoalan di daerah asal kita,” kata salah satu general manajer Lion Air ini.

Senada disampaikan Ketua Bidang Ekonomi, Kewirausahaan dan Koperasi, H Hasan Fatoni. Pengurus Paguyuban yang juga tokoh asal Sayung ini mengatakan, aksi peduli sesama warga Demak ini sebagai upaya memupuk solidaritas terhadap warga kurang mampu serta memperkuat jiwa kewirausahaan masyarakat Demak. “Ini penting karena wirausaha itu pilar ekonomi nasional,” katanya.

Bupati Demak HM Natsir mengungkapkan kegemberiaannya karena para warga Demak diperantauan ikut membantu kemajuan pembangunan di Demak. “Kita siap bekerjasama untuk sama sama atau bareng bareng membangun Demak lebih baik,”katanya.

Ketua DPRD Demak, Nurul Muttaqin mengatakan, pihaknya meyakini Demak akan bangkit lagi dengan adanya kepedulian paguyuban warga Demak tersebut. (hib/sct/ida)