Transaksi Jateng Wow Rp 2,4 M

327

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Program Jateng Wow berhasil mendongkrak kunjungan wisatawan di Jawa Tengah. Hal ini terlihat dari realisasi tingkat hunian kamar hotel di bulan Februari-Maret yang mencapai 44,85 persen dari target sebesar 40 persen.

Ketua Umum Program Jateng Wow, Alamsyah mengatakan, program ini mampu mendatangkan tamu hotel sebanyak 6.126 orang selama berlangsung dari 1 Januari- 31 Maret 2018. “Dengan real transaction sebesar Rp 2,4 miliar,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Alamsyah menjelaskan, program ini diikuti 171 peserta yang terdiri dari 103 hotel dan resort, 12 restoran dan rumah makan, 29 daya tarik wisata, 23 biro perjalanan wisata, dan 3 perusahaan penyedia jasa transportasi. Jumlah tersebut bertambah sebanyak 23 peserta dari semula 148 peserta pada saat program di launching.

Kepala Dinas Kepemudaaan, Olahraga dan Pariwisata Jateng, Urip Sihabudin mengatakan, program Jateng Wow bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan ke provinsi ini. Program ini juga untuk memperkenalkan destinasi pariwisata Jateng selain Borobudur-Dieng. Sebab selama ini sebaran wisatawan Jateng hanya terpusat di Borobudur-Dieng dan sekitarnya. “Untuk itu Pemprov Jateng bekerjasama dengan para stakeholder melakukan promosi dengan menawarkan kemudahan dan atraksi-wisata,” jelas Urip.

Kemudahan dan atraksi ini dijelaskan Urip, untuk mendongkrak kunjungan wisatawan, terutama pada periode low season antara bulan Januari-Maret. Ditambahkan Urip, program Jateng Wow ini didukung pula dengan berbagai event menarik. Diantaranya Tourism Marching Band Competition 2018 tingkat SD, SMP, dan SMA se-Jateng dengan final yang dilaksanakan di lapangan Pancasila Semarang, Minggu (1/4).  (sga/ric)