RADARSEMARANG.COM, SEMARANG –  Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jateng juga fokus memperkuat pembinaan di daerah. PASI Jateng akan menyelenggarakan kejuaraan atletik di tingkat karesidenan. Dengan konsep ini, diharapkan pembinaan di kabupaten/kota di enam karesidenan semakin semarak. Nantinya, regenerasi atlet semakin baik.

”Tujuan dari kejuaraan tingkat karesidenan ini untuk memperkuat pembinaan atletik di kabupaten/kota. Kami memulai dari kresidenan lalu tingkat Jateng kemudian Nasional. Dengan konsep ini, pembinaan akan semakin fokus dan terpantau. Kejuaraan terbagai dalam tiga kelompok umur yakni 16, 18, dan 20 tahun,” tutur Ketua Harian Pengprov PASI Jateng Rumini.

Kejuaraan dimulai Karesiden Kedu yang akan berlangsung di Magelang, dilanjutkan di Karesidenan Semarang di Semarang. Selanjutnya Karesidenan Pati di Pati dan Karesidenan Banyumas di Purwokerto. Tujuannya adalah kaderisasi atau menyiapkan atlet-atlet pelapis di Jateng. Menurut peraih emas SEA Games 1995 itu, potensi atletik Jateng sangat besar di tiga kelompok umur.

”Jateng beberapa kali menjadi juara umum pada Kejurnas yunior dan remaja. Potensi inilah yang terus kami jaga agar regenerasi terus berjalan. Kejuaraan tingkat karesidenan ini merupakan terobosan yang kami lakukan. Kami akan memaksimalkan semua potensi yang ada,” tandas Rumini yang juga dosen FIK Unnes itu.

Di bagian lain, Rumini menjelaskan bahwa pihaknya akan memberikan program khusus yaitu pemberian insentif bagi 30 atlet potensial dan 10 pelatih sebesar Rp 500 ribu/bulan selama menjalankan pelatda desentralisasi. Insentif diberikan sebagai bentuk perhatian bagi mereka dan memacu untuk tetap berlatih.”Kami juga tengah mempersiapkan atlet untuk kejurnas di Jakarta, Mei mendatang. Kemungkinan, Jateng akan menurunkan beberapa atlet muda,” jelas dia. (bas)