Beranda Konsultasi Kesehatan Bahu Sakit, Ereksi Sulit

Bahu Sakit, Ereksi Sulit

Others

RADARSEMARANG.COM – Dokter Andi, bahu saya sebelah kanan sering terasa sakit, terutama bila diangkat ke atas dan saat mandi dan berpakaian. Ini mengganggu kegiatan sehari-hari, terutama saat bermesraan dengan istri, jadi ereksi tidak bisa maksimal. Bagaimana mengatasi bahu yang nyeri, apakah bisa diterapi. Terima kasih dokter untuk jawabannya.

Bpk P di Semarang

Jawaban dr Andi:

Nyeri bahu bila diangkat ke atas ini bisa disebabkan gangguan pada tulang dan sendi, atau tendon (bagian otot yang menempel di tulang). Biasanya disebut frozen shoulder atau bahu yang beku, karena tidak bisa diangkat sampai penuh ke atas.

Ini bisa dipicu karena jarang melakukan gerakan tangan ke atas sehingga ada bagian tulang yang mengalami pengapuran dan menonjol menekan otot dan tendon yang bergerak di sendi bahu.

Bisa juga disebabkan salah posisi saat mengangkat beban yang berat, misalnya saat menyetir mobil lalu mengambil tas di bangku belakang, sehingga tangan dan bahu seperti terkilir.

Penyebab lain: jatuh, posisi tidur dengan tangan ke atas kepala atau tangan tertindih dalam waktu lama, ini bisa menyebabkan regangan/ sprain di jaringan lunak sekitar sendi bahu dan akhirnya ada peradangan jaringan lunak.

Kadang perlu pemeriksaan rontgen sendi bahu atau MRI untuk melihat jaringan yang mengalami peradangan, pengapuran, atau ada bagian otot yang terjepit di sendi. Biasanya dengan melihat gerakan ke depan, belakang, samping, ke arah punggung, sudah bisa mendeteksi bagian mana yang jadi penyebab nyeri bahu.

Penanganannya bisa dengan obat minum antiinflamasi, injeksi pada bahu, dengan tindakan rehabilitasi medik/ fisioterapi, latihan perluasan lingkup gerak sendi, dan lain-lain.

Memang bila ada bahu yang sakit, akan mengurangi konsentrasi saat berhubungan intim, yang mengganggu ereksi juga. Karena pada posisi pria di atas, harus menopang dengan lengan dan bahu. Ini perlu diatasi, cobalah periksa ke dokter. (www.dokterAndi.com) (*)

Stay Connected

12,288FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here